Sukses

Health

5 Manfaat Susu Kunyit untuk Meningkatkan Energi dan Keseimbangan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Susu adalah minuman tinggi kalsium yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Susu yang sering dikonsumsi adalah susu sapi. Tetapi ada sebagian orang yang suka mencampur susu dengan bahan lainnya, yang membuat rasa susu menjadi lebih enak, seperti susu kunyit.

Kunyit adalah salah satu rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Apalagi jika kunyit dijadikan sebagai campuran susu, maka akan membantu meningkatkan energi tubuh, menjaga keseimbangan kolesterol dan menjaga sistem imunitas tubuh. Rasa dari susu kunyit sangat lezat dan nikmat.

Susu kunyit dapat membuat tubuh terasa hangat. Selain itu, susu kunyit juga memiliki manfaat baik yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut manfaat susu kunyit yang lainnya:

Manfaat Susu Kunyit

1. Mendetoksifikasi Hati

Manfaat susu kunyit yang pertama yaitu membantu menjaga kesehatan hati. Hati memiliki fungsi untuk mendetoksifikasi racun dan asam lemak di dalam tubuh. Kandungan susu kunyit ini bisa membantu melancarkan proses detoksifikasi hati.

2. Mengobati Peradangan

Kunyit memiliki sifat sebagai antiinflamasi. Sehingga perpaduan susu dan kunyit, bisa membantu mengobati peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Rutin mengonsumsi susu kunyit ini, membantu menghambat pembengkakan yang meradang di dalam tubuh seperti radang sendi, penyakit radang usus, pankreatitis dan lain sebagainya.

3. Mencegah Infeksi Virus

Susu kunyit memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga membantu menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh. Kandungan tersebut juga bisa membantu mencegah infeksi virus, bakteri dan kuman yang menyebabkan penyakit seperti influenza.

4. Mengontrol Berat Badan

Rutin mengonsumsi susu kunyit juga bisa membantu mengontrol berat badan, sehingga minuman ini sangat cocok dikonsumsi para pejuang diet. Kandungan di dalam susu dan kunyit ini, membantu menahan rasa lapar dan mencerna lemak dengan baik. Waspada kelebihan berat badan yang berbahaya untuk kolesterol.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat mengonsumsi susu kunyit yang terakhir, yaitu membantu menjaga kesehatan jantung. Karena kandungan di dalam susu kunyit ini, bisa membantu mengontrol kadar kolesterol yang berperan untuk kesehatan jantung.

Anjuran Mengonsumsi Susu Kunyit

Tidak hanya dijadikan sebagai bumbu rempah-rempah dapur saja. Ternyata kunyit bisa dipadukan atau dicampur dengan susu yang bisa jadi minuman yang menyehatkan. Minuman ini bisa meningkatkan sistem imunitas dan sebagai penambah energi harian.

Walaupun memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh, tapi sebaiknya perhatikan anjuran minum susu yang benar. Terlalu banyak mengonsumsi susu kunyit bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya. Apalagi jika dosis yang dikonsumsi tidak sesuai dengan umur.

Susu kunyit boleh dikonsumsi setiap hari. Namun bubuk kunyit yang digunakan tidak boleh melebihi dosis 500mg perhari. Kemudian hindari mengonsumi susu kunyit saat hamil, karena bisa menyebabkan perubahan hormon.

Cara Membuat Susu Kunyit

Bahan untuk membuat susu kunyit:

  • 1/2 gelas air
  • 1/4 cangkir bubuk kunyit
  • 1/2 sendok makan lada
  • 250ml Susu

Cara membuat susu kunyit:

  1. Langkah pertama membuat pasta kunyit, tuangkan air ke dalam, tambahkan kunyit dan merica, masak dengan api sedang dan aduk hingga tercampur rata, biarkan sampai membentuk pasta kunyit.
  2. Simpan pasta kunyit di dalam wadah yang tertutup, lalu simpan di kulkas. Pasta kunyit ini bisa bertahan hingga 3 mingguan.
  3. Saat membuat susu kunyit, ambil seperempat sendok teh pasta kunyit, campurkan ke dalam segelas susu setara dengan 250ml susu. Panaskan dengan api sedang sampai mendidih.
  4. Sajikan dengan campuran madu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading