Sukses

Lifestyle

Takut Tekor? Intip 3 Tips Cerdas Hemat Belanja Jelang Lebaran

Fimela.com, Jakarta Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran sudah di depan mata. Di momen ini biasanya umat muslim melakukan banyak persiapan. Mulai dari belanja Lebaran, membeli kue kering, hingga membeli bahan-bahan memasak sajian di hari Lebaran.

Persiapan menyambut Hari Kemenangan itu terkadang membuat banyak orang kebablasan dalam menjaga keuangannya. Hingga tak sadar bahwa uangnya terkuras cukup dalam.

Nah, untuk mencegah tekor saat Lebaran, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba praktikan, seperti yang dikutip dari Lifepal.

1. Alokasikan dana untuk belanja Lebaran

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan agar tidak tekor saat Lebaran adalah mengalokasikan anggaran khusus untuk belanja Lebaran. Dengan memanfaatkan THR, Anda bisa mengalokasikan dana khusus untuk belanja kebutuhan Lebaran dan memenuhi hal-hal lain yang esensial dan wajib. 

Beberapa di antaranya, ketersediaan dana darurat, asuransi kesehatan dan jiwa atau asuransi mobil, hingga berinvestasi. Meski sifatnya setahun sekali, bukan berarti Anda bisa bebas menghabiskan uang untuk belanja kebutuhan Lebaran.

Kuncinya adalah, jangan sampai belanja Lebaran ini mengganggu jatah uang bulanan supaya tetap bisa hidup normal setelah Lebaran nanti. Mengalokasikan dana untuk Lebaran bisa menjadi kontrol agar kita tidak kalap saat belanja.

2. Ketahui kebutuhan Anda

 Sebelum “kalap” membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan, ketahui kebutuhan Anda. Setelah itu buatlah daftar prioritas.

Selain itu, alih-alih berdesak-desakan di mal untuk belanja kebutuhan, pertimbangkan memanfaatkan marketplace. Selain lebih hemat, Anda juga bisa memanfaatkan semua promo dan diskon yang ada.

Bahkan tak jarang marketplace yang menyediakan program gratis ongkir, tentunya ini akan menghemat pengeluaran belanja Lebaran Anda.

 

3. Cermati syarat dan ketentuan promo

Umumnya pusat perbelanjaan hingga marketplace akan memberikan promo atau diskon. Meski begitu, ada aturan atau syarat yang harus dipenuhi agar kita bisa mendapatkan potongan harga, bonus, cashback, dan sebagainya.

Terkadang, beberapa syarat yang harus dipenuhi yaitu pembelanjaan dengan minimal nominal tertentu. Untuk itu, Anda harus mencermati setiap syarat dan ketentuan promo yang berlaku.  Pastikan Anda telah mempertimbangkannya sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Penulis: Hilda Irach

#Elevate Women

PLAYLIST VIDEO 3 AGUSTUS 2021
Loading