Sukses

Lifestyle

Catat! Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Merasa Cemas

Fimela.com, Jakarta Kecemasan sangat umum terjadi dalam hidup. Namun jika kecemasan kerap kali menghampiri tanpa alasan yang kuat dan mengganggu kehidupan sehari-hari, maka kemungkinan Anda mengidap ganguan kecemasan atau anxiety disorder.

Berbeda dengan rasa cemas biasa, gangguan kecemasan akan membuat penderitanya merasa kesulitan tidur, mengalami peningkatan detak jantung, pernapasan cepat, kegelisahan, hingga kesulitan berkonsentrasi.

Untuk dapat meminimalkan gangguan tersebut, tidak hanya dengan berkonsultasi pada psikiater, tetapi juga mencermati asupan makanan yang dikonsumsi. Pasalnya, Dr. Daniel Devine, ahli geriatri berbasis di Philadelphia mengungkapkan terdapat jenis makanan dan minuman yang bisa memicu kecemasan.

Beberapa makanan dan minuman tersebut adalah sebagai berikut, seperti yang dikutip dalam U.S News Health.

1. Kafein 

Minuman yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh, dapat meningkatkan kecemasan. "Semakin banyak kafein yang Anda konsumsi, semakin besar kemungkinan timbulnya kecemasan," kata Devine.

Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi lebih dari 5 cangkir kopi sehari memiliki efek kecemasan yang lebih besar. Ini dikarenakan kafein memicu pelepasan adrenalin yang dapat meningkatkan detak jantung.

 2. Makanan manis

Alih-alih memperbaiki mood, makanan tinggi gula seperti kue, biskuit dan permen dapat membuat gula darah Anda melonjak yang terkait dengan kecemasan. Karena itu, jauhi makanan dengan tambahan gula.

Jika Anda menginginkan sesuatu yang manis, cobalah buah segar, seperti blueberry , persik, plum, ceri, kesemek, dan nektarin.

 

Makanan yang bisa membuat cemas

3. Pemanis buatan

Studi menunjukkan bahwa meskipun gula tidak menyebabkan kegelisahan secara langsung, namun tetap dapat menciptakan perubahan pada tubuh Anda. gula dapat mengganggu kemampuan tubuh Anda untuk mengatasi stres dengan efektif. Pada akhirnya, konsumsi gula dapat memperburuk gejala kecemasan Anda.

"Pemanis buatan telah dikaitkan dengan masalah neuropsikiatri, termasuk kecemasan.” Ujar Dr. Uma Naidoo, seorang psikiater nutrisi.

4. Daging olahan, keju dan makanan siap saji

Makanan ini berhubungan dengan peradangan, yang bisa menimbulkan kecemasan. Jenis makanan ini juga rendah serat dan diyakini dapat mengganggu mikrobioma usus.

Mikrobioma usus Anda adalah campuran mikroorganisme yang biasanya beragam yang hidup di usus. Mikrobioma yang sehat membantu tubuh berfungsi dengan baik.

 

5. Gluten

Sebuah penelitian telah mengonfirmasi bahwa penderita penyakit Celiac dan intoleransi gluten memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kecemasan, depresi, dan gangguan mood. Oleh karena itu, kurangilah asupan gluten untuk mengelola kecemasan menjadi lebih baik.  

Penulis: Hilda Irach

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading