Sukses

Lifestyle

Tanpa Kafein, Ini 7 Cara Menghilangkan Kantuk di Sore Hari

Fimela.com, Jakarta Setelah menjalani hari yang panjang dengan produktif, menjelang sore hari biasanya tubuh terasa sangat lelah disertai rasa kantuk.

Energi yang terkumpul di pagi hari seolah hilang begitu saja. Agar bisa kembali semangat beraktivitas, secangkir kopi mungkin bisa membantu menjalani sisa harimu.

Namun, hal ini tentu akan membuatmu terjaga hingga larut malam. Padahal, kafein bukan satu-satunya cara untuk mengisi kembali energi tubuhmu. Ada cara lain untuk menghilangkan kantuk dan meningkatkan energi tubuhmu.

Berikut ini 7 cara untuk menghilangkan kantuk di sore hari, seperti yang dikutip dari Women’s Health.

1. Temukan sesuatu untuk ditertawakan

Butuh istirahat cepat yang membuatmu merasa lebih berenergi dan termotivasi? Temukan sesuatu untuk ditertawakan, baik itu di TikTok atau video YouTube.

Satu studi mengamati detak jantung dan pengeluaran energi orang-orang yang terhibur, dan menemukan bahwa tertawa yang tulus dapat meningkatkan keduanya.

Penelitian juga menunjukkan bahwa tertawa dapat meredakan stres, menurunkan tekanan darah, memperbaiki suasana hati, dan meningkatkan endorfin, seperti halnya olahraga ringan.

2. Jalan-jalan

Saat mata terasa berat, inilah saatnya untuk menutup laptop dan mulai jalan-jalan. Tak perlu lama-lama cukup 10 hingga 15 menit saja sudah bisa meningkatkan dorongan energi di tubuhmu. Bahkan lebih dari yang kamu dapatkan dari kopi.

Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Physiology & Behavior membandingkan efek konsumsi kafein harian dengan aktivitas fisik dalam waktu singkat, seperti berjalan kaki.

Peneliti menemukan bahwa aktivitas interval pendek ini, seperti berjalan naik dan turun tangga, lebih efektif dalam meningkatkan tingkat energi bagi orang-orang dengan waktu tidur yang tidak mencukupi secara kronis.

3. Sarapan yang sehat dan makan siang dalam porsi kecil

Sebagai tindakan pencegahan, pilihlah sarapan yang tinggi protein dan rendah karbohidrat, lalu makan siang dengan porsi lebih kecil.  

Pasalnya, makanan yang tinggi karbohidrat dapat menyebabkan lonjakan darah, yang nantinya berimbas pada hilangnya energi di sore hari. Sementara makan siang dalam porsi besar dapat menyebabkan tubuh memproduksi serotonin yang membuat kamu cepat merasa lelah.

Oleh karena itu, ganti menu sarapanmu dan batasi porsinya. Penelitian menunjukkan bahwa sarapan yang seimbang dapat memberikan energi secara perlahan sepanjang hari.  

4. Kunyah permen karet

Meski kedengarannya aneh, mengunyah permen karet dapat meningkatkan energi tubuh. Serangkaian penelitian meneliti bagaimana mengunyah permen karet memengaruhi suasana hati seseorang, dan menemukan bahwa permen karet dapat meningkatkan kewaspadaan dan perhatian yang berkelanjutan.

Studi lain menemukan bahwa seseorang yang mengunyah permen karet dengan santai bisa meningkatkan energi mereka.

5. Dengarkan beberapa musik favorit

Saat kamu mulai merasa mengantuk, putarlah beberapa musik favoritmu. Terutama jika musik tersebut ceria dan menyenangkan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa dopamin kimiawi yang menyenangkan ditemukan 9% lebih tinggi pada sukarelawan yang mendengarkan musik yang mereka sukai.

Musik yang membangkitkan semangat paling baik untuk meningkatkan kewaspadaan dan perhatian, jadi pastikan kamu mendengarkan musik yang membuat tubuh ingin menari.

6. Hirup aroma citrus

Menghirup aroma citrus dari jeruk dapat meningkatkan suasana hati sehingga kamu merasa siap menjalani sisa hari itu. Dalam sebuah penelitian , para ilmuwan Brasil meminta partisipan menghabiskan waktu lima menit untuk mencium zat, termasuk minyak esensial jeruk manis.

Hasilnya, mereka yang mencium aroma minyak jeruk tidak terlalu cemas, dan itu bertahan di luar ujian. Lemon balm juga dapat meningkatkan kinerja kognitif dan suasana hati.

7. Penuhi kebutuhan air harian

Mungkin tidak mengherankan jika tidak minum cukup air dapat memperburuk keadaan setelah makan siang.

Studi dari University of Connecticut telah menunjukkan bahwa bahkan hanya kehilangan 1,5% volume air normal dapat menyebabkan kelelahan dan ketidakmampuan untuk berkonsentrasi. Oleh karena itu, pastikan tubuhmu selalu terhidrasi sepanjang hari.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading