Sukses

Lifestyle

Dikecewakan Orang Terdekat, Bagaimana Menyikapinya?

Fimela.com, Jakarta Dikecewakan oleh orang terdekat merupakan pengalaman yang sangat tidakĀ  menyenangkan. Hati bisa terluka sangat dalam. Tak hanya itu saja kita pun kadang bingung sendiri dalam menghadapi rasa kecewa yang kita alami ini.

Mengutip buku Love for Imperfect Things, tidak seperti emosi lainnya, kekecewaan lebih sulit untuk diungkapkan. Dijelaskan lebih lanjut bahwa jika dikeluarkan, perasaan itu akan terkesan remeh dan kekanak-kanakan, tapi jika kita terus memendamnya, perasaan itu akan semakin parah. "Kedua hal itu yang membuat kita sulit mengambil sikap. Jika kita merasa putus asa, paling tidak kita bisa mengatakannya dan meminta pertolongan. Demikian pula jika kita merasa sedih, kita bisa menangis. Tapi jika kecewa perasaan itu lebih sulit untuk diekspresikan karena kita harus menjelaskan kepada orang yang telah mengecewakan kita," begitu pemaparannya.

Saat kita dikecewakan oleh orang terdekat, bagaimana menyikapinya? Kita harus bagaimana? Mungkin beberapa hal ini bisa kita coba.

1. Menjaga Jarak dengan Orang Tersebut

Kadang menjaga jarak ini perlu. Bukan berarti kita membenci orang yang telah mengecewakan kita. Hanya saja kadang kita pun perlu ruang untuk menenangkan diri sendiri lebih dahulu. Kita perlu menjaga perasaan kita juga. Sebab terus berdekatan dan bersinggungan dengan orang yang mengecewakan kita bisa malah membuat hati kita tersiksa.

2. Memaafkan Diri Sendiri

Memaafkan diri sendiri bisa terasa lebih sulit dibandingkan memaafkan orang lain. Rasa kecewa yang kita rasakan biasanya akan disertai dengan rasa menyalahkan diri sendiri. Menyalahkan diri sendiri karena terlalu percaya pada orang yang ternyata mengecewakan kita. Menyalahkan diri sendiri karena merasa terlalu "bodoh" dan naif menghadapi orang tersebut. Maka, memaafkan diri sendiri bisa bantu ringankan hatimu.

3. Tetap Tersenyum Seperti Biasa

Walau mungkin tak mudah, tapi dengan tersenyum seperti biasa hati bisa lebih nyaman. Berhadapan dengan orang yang mengecewakan kita, biasanya kita tidak rela untuk kembali dikecewakan. Maka, daripada terus berpikiran negatif soal hal ini, ada baiknya mencoba untuk tersenyum. Bukan untuk orang yang telah mengecewakanmu, melainkan untuk dirimu sendiri.

4. Berkata Jujur atas Isi Hati dan Perasaanmu

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, perasaan kecewa lebih sulit untuk diekspresikan karena kita harus menjelaskan kepada orang yang telah mengecewakan kita. Kalau kita memang ingin lebih terbuka, maka tak ada salahnya untuk berkata jujur atas isi hati dan perasaanmu kepada orang yang telah mengecewakanmu. Kadang dengan lebih jujur dan terbuka soal isi hati ini, komunikasi bisa berjalan lebih mudah ke depannya.

5. Tetap Fokus Jalani Kehidupanmu Sebaik-baiknya

Memang sedih dan terluka saat kita dikecewakan oleh orang terdekat kita. Namun, akan jauh lebih baik bila kita tetap fokus jalani kehidupan yang ada saat ini dengan sebaik-baiknya. Dengan tetap fokus dan menyibukkan diri jalani kehidupan kita sendiri, kita tak akan membuang-buang waktu dan energi kita dengan sia-sia.

Kalau Sahabat Fimela sendiri bagaimana? Punya cara atau kiat sendiri dalam menghadapi orang yang telah mengecewakanmu?

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading