Sukses

Lifestyle

70% Perempuan Stres karena Masalah Keuangan saat Pandemi, Ini Tips Atasinya

Fimela.com, Jakarta Kondisi pandemi Covid-19 membuat banyak perempuan stres karena masalah keuangan. Menurut survei yang dilakukan oleh Fidelity, 70% perempuan mengaku stres karena masalah keuangan mereka, terutama  tentang tabungan dan investasi jangka panjang.

Fidelity mensurvei 1.902 orang dewasa AS, termasuk 951 perempuan yang bertujuan untuk mengeksplorasi dampak keuangan yang ditimbulkan pandemi Covid-19 terhadap perempuan.

Secara keseluruhan, 60% responden perempuan mengatakan bahwa mereka jauh lebih stres selama pandemi, dengan berbagai faktor yang berkontribusi terhadap stres mereka. Faktor-faktor ini termasuk kesejahteraan emosional dan mental anak-anak mereka, keuangan sehari-hari, dan tabungan jangka panjang. Untuk membantumu mengelola keuangan, berikut ini 3 tips mengelola keuangan saat pandemi.

1. Kumpulkan tabungan darurat

Pandemi membuat kita belajar, betapa pentingnya memiliki tabungan darurat. Oleh karena itu, mulailah sisihkan uang untuk tabungan darurat. Perkirakan bahwa tabungan tersebut cukup untuk menutupo pengeluaran selama tiga hingga enam bulan ke depan. Namun, kamu juga bisa memilih menyisihkan tabungan untuk satu tahun ke depan.

2. Sisihkan 10% gaji untuk masa pensiun

Jika kamu tidak dapat langsung menabung 15% yang disarankan dari gaji, mulailah dengan apa yang dapat kamu sisihkan. Tetapi usahakan untuk berusaha sebaik mungkin untuk menabung setidaknya 10% dari penghasilanmu

Menabung 15% dari gaji sepanjang karir akan membantumu mencapai target yang direkomendasikan yaitu memiliki 10 kali lipat gajimu ditabung untuk masa pensiun.

3. Buat tujuan dan rencana

Terlepas dari seberapa besar atau kecil gaji, mengembangkan rencana keuangan untuk diri sendiri atau dengan pasangan, adalah sesuatu yang harus selalu dilakukan. Apa pun tujuanmu, memiliki semacam rencana dapat membantumu untuk mengelola keuangan dan tetap berada di jalur yang tepat untuk mencapainya.

“Mengetahui di mana uang Anda, apa yang Anda berutang dan bagaimana itu bekerja untuk Anda secara signifikan mengurangi stres wanita tentang keuangan mereka.” kata Lorna Kapusta, kepala wanita dan keterlibatan pelanggan di Fidelity Investments.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading