Sukses

Lifestyle

Panduan Duduk di Tempat Paling Aman saat Makan di Restoran selama Pandemi COVID-19

Fimela.com, Jakarta Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menyatakan bahwa orang yang telah divaksinasi COVID-19 secara penuh dapat dengan aman berkumpul di dalam ruangan, tanpa mengenakan masker. Saat tingkat vaksinasi meningkat di seluruh dunia, banyak restoran mengabaikan persyaratan masker dan jarak sosial, walaupun masih sedikit yang memerlukan bukti vaksinasi.

Ini mungkin menimbulkan pertanyaan bagaimana cara makan di luar rumah dengan aman selama pandemi COVID-19? Jawabannya kompleks.

Para ilmuwan masih mempelajari seberapa baik vaksin dapat mencegah seseorang menularkan COVID-19 ke orang lain dan varian virus baru mulai bermunculan. Belum lagi, restoran seringkali memiliki sistem ventilasi yang rumit, yang dapat membuat setiap ruang makan berbeda, seperti dilansir dari huffpost.com.

1. Meja dengan akses ke udara luar adalah tempat paling aman untuk duduk

Ventilasi adalah faktor utama dalam penularan COVID-19. Saat orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau bahkan hanya bicara, aerosol melayang ke udara, di mana mereka bisa berlama-lama di sama dan mungkin menginfeksi orang lain.

Aliran udara yang baik dapat mengencerkan dan menghilangkan partikel-partikel tersebut. Makan di luar ruangan tetap menjadi pilihan paling aman atau jika kamu makan di dalam ruangan, tempat terbaik untuk duduk adalah di dekat pintu atau jendela terbuka. Lihatlah ke sekeliling apakah ada jendela dan pintu terbuka sebelum memilih meja dan ajukan pertanyaan tentang bagaimana restoran tersebut menangani masalah ventilasi.

 

2. Perhatikan ventilasi AC

AC berperan dalam penularan virus. Dalam sebuah penelitian CDC yang diterbitkan pada bulan Juli 2020 tentang pandemi COVID-19 di sebuah restoran China, orang yang terinfeksi menularkan virus ke orang-orang yang duduk beberapa meter jauhnya, kemungkinan karena mereka duduk di dekat ventilasi masuk AC.

Hindari tempat duduk di dekat ventilasi udara masuk, yang sering terletak di dinding atau langit-langit di atas meja. Tergantung pada restorannya, tapi duduk di dekat dapur bisa menjadi tempat yang aman, karena ventilasinya lebih baik.

3. Hindari area ramai dan bar

Duduk di bar bukan pilihan yang baik. Orang-orang di dalamnya sangat dekat satu sama lain.

Menurut CDC, orang yang divaksinasi memang cenderung tidak sakit parah, dirawat di rumah sakit, atau meninggal karena COVID-19, tapi seseorang yang mengalami gangguan kekebalan masih bisa membawa virus karena tingkat antibodi mereka mungkin lebih rendah. Timbang risikomu sendiri sebelum keluar rumah dan jangan lengah.

Saksikan video menarik setelah ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading