Sukses

Lifestyle

Satu Langkah Kecil Membawa Dampak Besar, Ini 4 Tips Mendaur Ulang Sampah Rumah Tangga

Fimela.com, Jakarta Kita tahu bahwa daur ulang dapat membingungkan, aturan seputar daur ulang terus berubah dan berkembang. Mendaur ulang tidak hanya lebih ramah lingkungan tetapi juga bermanfaat untuk kelangsungan hidup seluruh makhluk hidup di bumi. Satu langkah kecil dapat membatu menyelamatkan bumi dari kerusakan. Berikut ini adalah beberapa cara sederhana untuk mendaur ulang sampah rumah tangga.

Hindari Penggunaan Kantong Plastik

Menggunakan kantong plastik hanya akan mencemari lingkungan saja. Hal itu dikarenakan plastik sulit diuraikan oleh tanah, sehingga tidak disarankan untuk menggunakan plastik. Alih-alih menggunakan kantong plastik, gunakan tas kain untuk berbelanja. Jadi sediakan tas kain kemana pun dirimu pergi.

Segitiga Daur Ulang Belum Tentu Menjamin

Segitiga daur ulang bisa sangat menyesatkan. Dalam industri plastik, segitiga yang menyerupai simbol daur ulang dikenal sebagai “stempel resin”, membuka file pdf yang merupakan tanda yang digunakan produsen plastik untuk menunjukkan jenis plastik dari suatu benda. Jadi, meskipun stempel ini berguna untuk menentukan dari jenis plastik apa suatu benda terbuat, stempel ini tidak secara akurat menentukan apakah sesuatu dapat didaur ulang atau tidak.

Plastik Hitam Tidak Bisa Didaur Ulang

Plastik hitam tidak dapat didaur ulang dan harus dibuang ke tempat sampah. Ini karena tidak memantulkan cahaya, sehingga tidak terlihat oleh pemindai di fasilitas daur ulang. Oleh karena itu, pada akhirnya dapat mencemari bahan lain, seperti botol kaca, karena tidak disortir dengan benar. Daur ulang plastik hitam juga bisa menjadi sangat mahal, karena hanya dapat didaur ulang menjadi bahan plastik hitam lainnya. Jauh lebih mudah bagi produsen untuk menggunakan plastik daur ulang putih atau berwarna karena mereka dapat dicampur bersama untuk membuat warna lain untuk produk baru.

Reduce, Reuse dan Recylce

Mengurangi, penggunaan kembali, daur ulang merupakan urutan yang tepat. Meskipun daur ulang adalah cara yang bagus untuk menjauhkan barang-barang dari TPA, itu harus menjadi garis pertahanan terakhir kita. Cara pertama dan terbaik untuk mencegah sampah berakhir di TPA adalah dengan mengurangi permintaan akan bahan sumbernya. Kurangi jumlah barang yang digunakan dengan melakukan audit atas barang yang dibeli. Putuskan barang apa yang sering dirimu gunakan, dan barang apa yang terbuang percuma, dirimu dapat membuat keputusan pembelian yang tepat di masa mendatang, setelah dikurangi, coba gunakan kembali.

Langkah kecil ini sangat diperlukan untuk menjaga kelestarian lingkungan dan bumi yang kita pijak saat ini.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading