Sukses

Lifestyle

7 Sayuran yang Sangat Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Fimela.com, Jakarta Penting untuk memerhatikan makanan yang dikonsumsi, khususnya bagi penderita diabetes. Karena kadar gula darah yang harus diperhatikan, bagi penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi sembarangan makanan, terutama yang manis dan banyak mengandung karbohidrat. Tetapi ada beberapa sayuran yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, selain kadar gulanya rendah, sayuran ini juga bisa membuat kenyang lebih lama.

1. Wortel

Serat dalam sayuran nonpati membantu kita merasa kenyang lebih lama. Wortel direkomendasikan ebagai sayuran berserat tinggi yang sangat mengenyangkan. Wortel juga tinggi vitamin A, yang membantu kekebalan dan kesehatan mata.

2. Brokoli

Selain membantu rasa kenyang, serat dalam sayuran bertindak sebagai prebiotik. Serat prebiotik difermentasi oleh bakteri usus dan membantu mereka berkembang. Dalam beberapa kasus, ini membantu metabolisme glukosa dan kolesterol. Brokoli adalah pilihan yang cocok untuk ini, seperti juga sayuran silangan lainnya.

3. Kubis

Sama seperti jeruk, kubis juga tinggi vitamin C, yang secara positif memengaruhi kesehatan jantung. Ini juga mengandung banyak serat untuk memperlambat pencernaan apa pun yang dikonsumsi dan akan membantu mencegah lonjakan gula darah.

4. Bayam

Seperti semua sayuran berdaun hijau, bayam padat nutrisi dan sangat rendah kalori. Ini juga kaya akan zat besi, yang merupakan kunci aliran darah yang sehat. Kamu bisa menambahkannya ke sup atau semur, atau memasukkan segenggam bayam ke dalam telur di pagi hari.

5. Tomat

Selain menambahkan rasa manis, tomat mengandung likopen yang tinggi, senyawa yang telah dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan kanker tertentu yang lebih rendah termasuk baik dikonsumsi bagi penderita diabetes.

6. Mentimun

Mentimun adalah sayuran tinggi air yang benar-benar dapat membantu tetap terhidrasi serta merasa kenyang lebih lama. Dan, satu penelitian menemukan bahwa mentimun dapat membantu mengurangi dan mengontrol kadar gula darah.

7. Selada

Berbagai jenis selada mengandung nutrisi yang berbeda, tetapi semuanya tinggi serat dan air. Secara khusus, satu porsi selada daun merah mengandung lebih dari jumlah vitamin K harian yang direkomendasikan, yang penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang. Menyajikan makanan lain di atas selada juga dapat membantu memperlambat penyerapannya, yang berkontribusi pada kontrol gula darah.

Selain beberapa sayuran di atas, juga ada makanan lainnya yang sangat baik bila dikonsumsi oleh penderita diabetes, seperti, terong, jamur, kecambah dari kacang hijau, slederi, buah bit dan alpukat. Semoga ulasan di atas bermanfaat.

 

#ElevateWomen

PLAYLIST VIDEO 3 AGUSTUS 2021
Loading