Sukses

Lifestyle

Ini 5 Cara Sederhana Meningkatkan Kecerdasan Emosional

Fimela.com, Jakarta Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, dan mengelola emosi diri sendiri dengan cara yang positif untuk menghilangkan stres, berkomunikasi secara efektif, berempati dengan orang lain, mengatasi tantangan dan meredakan konflik. Kecerdasan emosional perlahan menjadi salah satu keterampilan terpenting yang harus dimiliki di dunia profesional. Sederhananya, ini bukan hanya kemampuan untuk mengelola emosimu sendiri, tetapi jika mengembangkan EQ, dirimu juga dapat mengenali emosi orang lain.

Selain itu, perusahaan yang memiliki pekerja yang lebih cerdas secara emosional telah mengamati peningkatan besar dalam produktivitas keseluruhan tempat kerja. Nah, berikut ini adalah beberapa cara di mana dirimu dapat melatih kecerdasan emosional yang bermanfaat untuk kehidupan profesionalmu.

Tunjukkan Perasaanmu

Sahabat Fimela perlu memulai dengan membedakan dengan jelas apa yang dirimu rasakan pada titik tertentu. Latih kesadaran diri dan percayalah pada intuisimu. Terutama dengan perasaan yang sama, dirimu mungkin memiliki kecenderungan untuk mencampuradukkan keduanya. Ketika merasa sangat sulit, cobalah untuk memahami apakah dirimu merasa marah atau kesal?

Melatih Diri

Cobalah untuk memisahkan diri dari perasaan dan melihatnya dalam perspektif orang ketiga. Ini akan membantumu menilai emosimu lebih baik dengan memisahkannya dari diri sendiri.

Berikan Alasan yang Jelas Tentang Emosimu

Cobalah membuat perbedaan antara emosi yang dirasakan terhadap seseorang dan alasan yang membuatmu merasa demikian. Alih-alih memberi tahu teman bahwa dirimu merasa kesal, sertakan alasan mengapa dirimu merasa kesal. Ini akan memberikan kejelasan lebih dan menghindari kesalahpahaman dalam hubungan.

Perhatikan dengan Seksama

Jangan pernah menekan pikiran-pikiran ini. Semakin dirimu melindungi diri dari apa yang mengganggu, itu akan semakin mempengaruhimu. Waspadalah terhadap pikiran dan biarkan mereka mengalir melewati perasaanmu.

Identifikasi Pemicu Emosionalmu

Selalu ada hal atau orang tertentu yang berulang kali berhasil memicu emosi negatif dalam diri kita. Identifikasi mereka dengan benar dan cobalah bersikap proaktif untuk menguranginya dalam hidupmu. Jika mereka adalah orang atau benda yang tidak dapat dihindari, maka analisis sendiri titik-titik pemicu ini dan rumuskan rencana tentang cara mengelolanya.

Ketahuilah bahwa tidak ada emosi yang baik atau buruk, benar atau salah di dunia ini. Orang cenderung merasakan cara tertentu, dalam menanggapi situasi berbeda yang mereka hadapi dalam hidup. Jadi apa pun yang dirimu rasakan tidak apa-apa dan dirimu harus mulai menerima emosi sendiri dengan anggun.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional