Sukses

Health

5 Jenis Susu yang Bisa Menurunkan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Rasanya nutrisi untuk tubuh tidak akan lengkap, kalau belum mengonsumsi susu setiap hari. Minum susu adalah salah satu cara yang bisa dilakukan, untuk menambah energi harian, menjaga kesehatan tulang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bagi orang yang memiliki kolesterol tinggi, harus menghindari berbagai macam makanan dan minuman yang mengandung lemak. Karena kolesterol tinggi ini disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat. Jika kolesterol tinggi ini tidak segera diatasi, maka bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang serius, seperti jantung dan stroke.

Sebagian orang beranggapan, kalau mengonsumsi susu bisa menyebabkan kolesterol semakin tinggi. Tapi ternyata ada beberapa jenis susu yang bisa dikonsumsi, yang fungsinya membantu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Berikut jenis susu yang bisa menurunkan kolesterol.

Penyebab Kolesterol

Dalam tubuh manusia terdapat dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL) dan kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL). Kolesterol baik ini memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah, sedangkan kolesterol jahat adalah penyebab penyempitan pembuluh darah.

Jika kadar kolesterol jahat sangat tinggi, maka bisa membahayakan kesehatan tubuh. Kolesterol jahat bisa menumpuk di dinding pembuluh darah dan terbentuklah plak, yang membuat pembuluh darah menjadi sempit, lalu memicu munculnya penyakit jantung atau stroke.

Kolesterol jahat yang sangat tinggi ini, disebabkan karena pola hidup yang kurang sehat, seperti mengonsumsi alkohol, merokok, jarang berolahraga dan sering mengonsumsi makanan berlemak. Selain itu, memiliki riwayat penyakit seperti diabetes dan obesitas, juga bisa memicu tingginya kolesterol jahat di dalam tubuh. Kolesterol tinggi ini juga bisa disebabkan karena adanya faktor keturunan.

Tips Menurunkan Kolesterol

Untuk menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh, kamu bisa memulai menjalani pola hidup sehat. Mulai dari mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung nutrisi lengkap, serta melakukan olahraga ringan secara teratur.

Pola hidup sehat ini bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh, menurunkan berat badan agar terhindar dari obesitas, meningkatkan sistem imunitas tubuh dan membantu menjaga kesehatan jantung.

Agar kolesterol jahat tidak meningkat, kamu bisa menghindari konsumsi daging merah, jeroan, kuning telur, susu full cream, keju dan camilan. Tetapi kalau kadar kolesterol jahat di dalam tubuh tetap tinggi, konsultasikan kepada dokter agar segera teratasi.

Jenis Susu Penurun Kolesterol

1. Susu Kedelai

Jenis susu yang bisa menurunkan kolesterol yang pertama, yaitu susu yang terbuat dari kedelai. Susu kedelai ini termasuk susu nabati, yang kandungan lemak jenuhnya hanya sedikit dan tidak ada kandungan kolesterol. Susu kedelai ini juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Tetapi usahakan saat mengonsumsi susu kedelai ini, tidak menggunakan gula tambahan. Karena gula bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat.

2. Susu Almond

Susu almond baik dikonsumsi tanpa gula. Susu nabati ini, memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang bisa menurunkan kolesterol jahat. Susu almond juga mengandung vitamin D dan kalsium yang lebih tinggi dari susu lainnya, sehingga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh dan membuat tulang lebih kuat.

3. Susu Rami

Susu rami memang masih jarang didengar. Susu rami adalah susu yang terbuat dari biji tanaman rami. Susu ini mengandung serat, omega-3, kalsium dan fosfor, yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, susu rami tidak mengandung lemak jenuh, sehingga cocok digunakan untuk menurunkan kolesterol.

4. Susu Beras

Jenis susu yang selanjutnya adalah susu beras. Susu ini tinggi karbohidrat, tetapi rendah protein dan tidak mengandung lemak jenuh. Susu ini bisa membuat perut terasa kenyang, tanpa menaikkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

5. Susu Skim

Jenis susu yang terakhir adalah susu skim. Susu skim adalah susu sapi, yang lebih aman dikonsumsi daripada susu fullcream. Karena susu skim ini tidak memiliki kandungan lemak jenuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading