Sukses

Lifestyle

Aplikasi Curious World: Melatih Kognitif Anak dengan Teknologi Selama Pandemi

Fimela.com, Jakarta Masa pandemi ini merupakan salah satu tantangan bagi para orang tua untuk bisa tetap mendidik anaknya karena dengan adanya kebijakan work from home dan protokol kesehatan yang ketat, mengharuskan anak-anak dan orang tua harus tetap berada di rumah selama seharian penuh. 

Dengan semakin berkembangnya zaman, dan teknologi yang semakin maju, hal inilah yang mendukung kegiatan selama di rumah, khususnya para orang tua yang ingin mendidik anaknya selama di rumah, pastinya sangat terbantu dengan kemajuan teknologi ini. 

Tak bisa dipungkiri, tumbuh kembang anak juga menjadi hal yang sangat perlu untuk diperhatikan, terutama selama masa pandemi ini. Hal ini dikarenakan perkembangan awal kemampuan sosial, emosional, dan kognitif anak adalah kunci untuk pembelajaran dan modal awal bagi kesejahteraan seumur hidup. 

 

 

 

Menggunakan teknologi yang wajar

Banyak orang yang menganggap bahwa memberikan alat elektronik pada anak menimbulkan masalah kontroversial. Karena hal ini bisa menimbulkan kecanduan pada anak, yang membuatnya menjadi anti-sosial karena lebih fokus terhadap alat elektronik yang dimiliki dan diberikan sejak usia dini. 

Justru, menggunakan teknologi akan membawa manfaat besar bagi anak-anak. Dengan catatan, penggunaannya dengan cara yang wajar. Aplikasi Curious World adalah aplikasi yang tepat sebagai pembelajaran awal untuk meningkatkan keterampilan akademik anak usia empat hingga delapan tahun karena memungkinkan anak menjelajahi dunia baru sambil merangsang rasa ingin tahun dalam matematika, membaca, dan masih banyak lagi. 

Popular Science mengatakan bahwa aplikasi tersebut juga memberi Anda akses ke ratusan pertunjukan live-action, game pembelajaran berbasis kurikulum, dan konten story-times yang menarik. Dengan aplikasi ini, anak-anak bebas mengeksplorasi minat belajar, hobi, dan membangun rasa percaya diri mereka. Selain itu, anak juga akan terhibur, memahami emosi, memecahkan masalah, serta mengembangkan keterampilan yang mereka butuhkan untuk hidup.

 

Aplikasi edukasi

Aplikasi ini adalah aplikasi edukasi yang berbayar yang bisa Anda temukan di App Store ataupun Play Store. Pada akhirnya, jenis aplikasi terbaik adalah yang memberikan nilai pendidikan sambil berpura-pura atau dengan kedok menyenangkan dan menghibur. 

Dilansir dari eLearning Inside, dalam fase awal pendidikan, teknologi dapat memfasilitasi pengalaman belajar yang berbeda, memperkuat rasa ingin tahu anak-anak, dan membangun kemampuan mereka untuk belajar mandiri. 

Dalam hal ini, pembelajaran dengan materi audio-visual menarik perhatian anak-anak dan membuat konsep kompleks lebih mudah dipahami ataupun penggunaan aplikasi memungkinkan anak mengikuti jalur pembelajaran masing-masing.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading