Sukses

Lifestyle

5 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri di Tempat Kerja

Fimela.com, Jakarta Ada banyak alasan mengapa kamu kurang percaya diri di tempat kerja. Mungkin kamu merasa kurang berpengalaman di bidang tersebut, meragukan kemampuan, atau kamu terlalu keras pada diri sendiri.

Lynn Taylor, pakar tempat kerja nasional dan penulis Tame Your Terrible Office Tyrant juga mengungkapkan hubungan rekan kerja yang negatif juga dapat menggaggu kepercayaan diri.

Kepercayaan diri sangat penting untuk membantumu dalam membuat keputusan yang lebih baik. Kepercayaan diri juga dapat memudahkanmu beradaptasi dan tampil baik bahkan di bawah tekanan.

Nah, untuk Sahabat Fimela yang kerap mengalami minder di tempat kerja, ada beberapa tips yang dibagikan oleh para ahli untuk meningkatkan kepercayaan diri. Dikutip dari Forbes, berikut ini selengkapnya.

1. Tetap fokus

Taylor mengatakan kamu harus melakukan yang terbaik untuk tetap bisa fokus pada tugas. “Sebab, kepercayaan diri akan muncul dari pekerjaan yang baik. Oleh sebab itu lakukan tugas-tugasmu dengan sebaik-baiknya,” kata Taylor.

2. Temukan kelebihanmu

Salah satu cara terbaik untuk membangun rasa kepercayaan diri adalah dengan cara menemukan kelebihan yang dimiliki. Kemudian, tanyakan pada dirimu sendiri bagaimana kamu dapat menggunakan kekuatan itu untuk melakukan pekerjaan.

Alih-alih membandingkan dirimu dengan orang lain, cobalah untuk memaksimalkan kelebihan yang kamu punya.

3. Cari kelemahan dan perbaiki

Jika kamu memiliki kelemahan yang mempengaruhi kepercayaan diri, buatlah rencana untuk mengurangi atau menghilangkannya, saran William Arruda, pakar personal branding.

Kamu tidak boleh terus-menerus tenggelam dengan kelemahanmu. Kamu harus bergerak mencari dan mengatasi kelemahan tersebut. Dengan begitu kepercayaan dirimu akan meningkat.

4. Percaya pada diri sendiri

Satu hal penting yang harus dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri adalah percaya pada diri sendiri. Berhenti terus menyalahkan diri sendiri dan membandingkan diri sendiri, yakinlah bahwa kamu mampu.

“Ucapkan dengan lantang, aku bisa melakukan ini!” kata Arruda. Ia menyarankan untuk mengucapkan tiga afirmasi kepada diri sendiri setiap malam sebelum tidur, dengan mengatakan tiga hal yang disukai dari dirimu sendiri atau tiga hal yang berjalan dengan baik di hari itu.

5. Pantau keberhasilanmu

Lacak pencapaian harianmu dengan cara buat daftar tugas. Dengan cara ini, ketika kamu mencoret tugas yang telah selesai dari daftarmu, kamu akan menyadari pencapaian konstan yang telah dilalui.

Taylor juga menyarankan untuk menyimpan ‘file pujian’ digital untuk mencatat kesuksesanmu. Kamu dapat menyimpan e-mail pujian dari atasan atau rekan kerjamu atau penghargaan atas pencapaian yang telah dicapai untuk memotivasimu kembali.

 

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
8 Karier Ini Cocok untuk Seorang Introver yang Kreatif dan Imajinatif
Artikel Selanjutnya
8 Kualitas Mengesankan dari Seorang Wanita Karier