Sukses

Lifestyle

Restoran 1945 Fairmont, Raih Sertifikasi Halal Pertama di Hotel Bintang Lima Jakarta

Fimela.com, Jakarta 1945, restoran Indonesia upscale di Fairmont Jakarta, resmi mendapatkan sertifikasi Halal dari Lembaga Pemeriksa Halal, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika, Majelis Ulama Indonesia (LPPOMMUI) pada bulan Ramadhan 2021. Hal ini dilakukan untuk semakin memberikan rasa aman dan nyaman bagi para tamu, serta mendukung perkembangan pariwisata Halal di Jakarta.

Dengan adanya sertifikasi tersebut, Restoran 1945 menjadi satu-satunya restoran bersertifikat Halal di hotel bintang lima di Jakarta. “Sebagai hotel bintang lima, kami berkomitmen dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi semua tamu kami dan kami menyadari pentingnya mengkonsumsi makanan Halal bagi warga Muslim. Selain menghadirkan menu yang lezat dan suasana nyaman, kami ingin memastikan bahwa hidangan yang disajikan telah sesuai dengan prosedur Halal.

Itu sebabnya kami berinisiatif mengundang Majelis Ulama Indonesia dan menjalani proses sertifikasi serta audit untuk memastikan bahwa kami hanya menawarkan pengalaman bersantap yang Halal di Restoran 1945,” jelas Carlos Monterde, General Manager Fairmont Jakarta. Lembaga sertifikasi Halal memeriksa produk dan restoran secara sistematis untuk memastikan bahwa semua persyaratan Halal sudah terpenuhi. Restoran 1945 telah melalui proses yang terintegrasi dan menjalankan beberapa ketentuan guna mendapatkan sertifikasi Halal tersebut, diataranya:

Syarat mendapatkan sertifikasi halal:

1. Semua bahan baku yang digunakan di restoran harus terdaftar di MUI untuk

diperiksa status Halal-nya

2. Mengurangi risiko kontaminasi silang dari lingkungan non-Halal, dengan

memastikan:

- Penerimaan barang harus dilakukan secara terpisah di area aman yang tidak kontaminasi silang dengan barang hotel lain yang diterima di area bongkar muat.

- Restoran harus memiliki peralatan memasak dan makan khusus sendiri.

- Persediaan operasional harus disimpan di dalam restoran, dan tidak dapat digunakan di luar tempat tersebut.

- Tamu tidak boleh membawa makanan dari luar.

3. Beberapa staf, terutama di dapur, beragama Islam.

4. Chef di restoran juga telah mendapatkan sertifikasi setelah menjalani pelatihan Halal yang diwajibkan untuk memastikan semua langkah Halal yang diperlukan diikuti pada operasi bisnis sehari-hari.

Dunia bisnis di seluruh dunia semakin menyadari adanya peningkatan permintaan dari komunitas Muslim akan keabsahan status Halal dari sebuah bisnis, baik itu restoran, hotel dan lain sebagainya. Sebagai Lembaga Pemeriksa Halal, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika, Majelis Ulama Indonesia (LPPOMMUI) menjalankan tugasnya untuk memeriksa produk atau restoran secara sistematis untuk memastikan bahwa semua persyaratan Halal sudah terpenuhi. Kami sungguh berbahagia sebuah hotel bintang lima seperti Fairmont Jakarta memberi perhatian kepada kebutuhan ini, dengan menyediakan fasilitas Halal di salah satu restoran yang dimilikinya, yaitu Restaurant 1945.

Hal ini juga menunjukkan bentuk dukungan Fairmont Jakarta dalam menciptakan keadaan yang kondusif bagi kota Jakarta sebagai tujuan wisata Halal yang menarik kalangan Muslim dari seluruh dunia untuk datang ke Jakarta," jelas Muti Arintawati, Direktur Eksekutif, LPPOM MUI. Sesuai dengan namanya “1945” mengacu pada tahun kemerdekaan Indonesia - tonggak penting dalam sejarah Indonesia untuk menjadi bangsa yang bebas dan modern.

Sertifikasi Halal merupakan wujud upaya Restoran 1945 untuk terus bergerak maju, berinovasi dan bereksplorasi guna mengembangkan kuliner Indonesia. Kini para tamu dapat menikmati pengalaman bersantap mewah dan merasa semakin nyaman mengingat semua yang disajikan di restoran adalah Halal.

Fairmont Jakarta berkomtimen untuk senatiasa menerapkan protokol kesehatan pada seluruh kegiatan operasional hotel maupun restoran untuk memastikan pengalaman yang aman dan tak terlupakan. Untuk informasi lebih lanjut atau reservasi, hubungi +62 (21) 2970 3333, WhatsApp +815915 9247 atau email diningreservations.jakarta@fairmont.com.

 

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Fairmont Hadirkan “The Grandest of Escape” sebagai Pengalaman Mewah Sekali Seumur Hidup
Artikel Selanjutnya
Rayakan Bulan Kanker Payudara dengan Yoga Seru Sambil Menggalang Dana