Sukses

Lifestyle

6 Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan dan Mencerahkan Kulit

Fimela.com, Jakarta Vitamin C adalah kandungan yang sering terdapat di dalam buah-buahan atau sayuran. Makanan yang mengandung vitamin C, bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, agar tubuh tidak mudah terinfeksi oleh virus. Vitamin C ini sangat populer di dunia kecantikan maupun kesehatan.

Bagi perempuan dewasa, anjuran mengonsumsi vitamin C diperlukan dalam sehari adalah 75mg. Namun untuk perempuan yang hamil dan menyusui, memerlukan asupan vitamin C sebanyak 85mg hingga 120mg perhari. Sedangkan untuk lelaki dewasa membutuhkan vitamin C maksimal 90mg perhari.

Sahabat Fimela bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian, dengan mengonsumsi suplemen vitamin C. Tetapi agar tubuh lebih sehat, lebih baik mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C. Berikut manfaat vitamin C untuk tubuh dan jenis makanan yang kaya akan vitamin C:

Manfaat Vitamin C

1. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Manfaat vitamin C yang pertama adalah bisa membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Vitamin C ini membantu memproduksi sel darah putih di dalam tubuh, yang dijadikan sebagai antioksidan. Sehingga tubuh tidak akan mudah terinfeksi virus.

2. Mengontrol Tekanan Derah

Tekanan darah yang rendah bisa membuat tubuh menjadi sangat lemah dan hilang konsentrasi. Mengonsumsi vitamin C bisa membantu mengontrol tekenan darah tetap stabil, mencegah penyakit jantung dan hipertensi.

3. Mengontrol Kolesterol

Di dalam tubuh terdapat kolesterol jahat yang membahayakan tubuh dan kolesterol baik yang diperlukan tubuh. Meningkatnya kolesterol jahat di dalam tubuh, bisa menimbulkan plak yang menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung. Untuk itu, konsumsilah vitamin C untuk mengontrol kolesterol baik di dalam tubuh.

 

Manfaat Vitamin C Lainnya

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Vitamin C juga bisa membantu mempercepat penyembuhan luka. Karena vitamin C merangsang produksi, pematangan dan pelepasan kolagen, yang bisa membuat luka di kulit cepat sembuh.

5. Mencegah Penyakit Mata

Manfaat mengonsumsi vitamin C yang selanjutnya, yaitu membantu meningkatkan penglihatan mata agar lebih jelas, serta membantu mencegah penyakit mata seperti katarak. Karena vitamin C merupakan asam askorbat yang baik untuk penyembuhan penyakit.

6. Membantu Mencerahkan Kulit

Mengonsumsi vitamin C juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Karena vitamin C mendorong produksi kolagen, sehingga kulit lebih ternutrisi dan terhidrasi, serta terhindar dari hiperpigmentasi kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Jenis Buah Mengandung Vitamin C

1. Kiwi

Jenis makanan pertama yang mengandung vitamin C yaitu buah kiwi. Buah kiwi memiliki kandungan zat magnesium, folat dan potassium yang diperlukan tubuh, untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah anemia dan menguatkan otot.

2. Nanas

Buah nanas juga diperkaya dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Di dalam buah nanas terdapat bromelain yang merupakan enzim, untuk melancarkan sistem pencernaan dan mencegah peradangan pada usus.

3. Pepaya

Buah pepaya juga bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Karena buah pepaya diperkaya dengan kandungan serat dan vitamin C. Rutin mengonsumsi buah pepaya bisa membuat kulit menjadi lebih cerah, mempercepat penyembuhan luka dan mencegah penyakit sembelit.

4. Stroberi

Stroberi adalah jenis buah yang kaya akan vitamin dan antioksidan. Stroberi juga mengandung anthocyanin. Kandungan dalam stroberi ini bisa membantu memutihkan gigi, membakar lemak dan mencerahkan kulit.

5. Lemon

Lemon termasuk buah dengan kandungan yang kaya akan vitamin C. Buah lemon bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah peradangan, mencerahkan kulit, menyembuhkan jerawat dan menurunkan berat badan.

Jenis Sayuran Mengandung Vitamin C

1. Brokoli

Jenis sayuran yang kaya akan vitamin adalah brokoli. Di dalam brokoli terdapat kandungan vitamin A, vitamin C dan vitamin E, yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi berat badan, mencegah sembelit dan menjaga kesehatan mata serta kulit.

2. Kangkung

Sayur kangkung juga mengandung vitamin C yang baik untuk tubuh. Selain vitamin C, sayur kangkung juga mengandung vitamin A dan vitamin K yang bisa melancarkan sistem pencernaan, menguatkan tulang, mencegah anemia dan meningkatkan perkembangan otak.

3. Kembang Kol

Kembang kol sangat kaya akan nutrisi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Di dalam kembang kol terdapat protein, vitamin B kompleks, folat, sulforaphane dan kalium, yang bisa membantu mengontrol tekanan darah, menyehatkan jantung dan mengontrol kolesterol.

4. Tomat

Sayuran yang selanjutnya adalah tomat. Tomat dapat dimakan secara mentah, diolah menjadi sebuah masakan atau diolah menjadi jus. Kandungan vitamin A dan vitamin C di dalam tomat, bisa meningkatkan kesehatan mata, mempercepat penyembuhan luka dan mengatasi peradangan di dalam tubuh.

5. Paprika

Walaupun memiliki rasa yang pedas, paprika memiliki kandungan vitamin C yang bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh. Selain itu, paprika juga mengandung vitamin A dan mineral yang bisa melancarkan sistem pencernaan, memberikan energi tambahan, mencegah rambut rontok dan mencegah anemia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading