Sukses

Lifestyle

Mengejutkan, Ini 4 Manfaat Tanaman Hias untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

Keberadaan tanaman hias di dalam ruangan tidak hanya bisa mempercantik rumah, tetapi juga dapat membawa suasana positif sekaligus rasa gembira dalam kehidupan. Menatap tanaman hijau selamat berjam-jam dipercaya dapat membantu menenangkan pikiran individu dan membuat tenang.

Selain itu, tanaman hias indoor bahkan bisa melindungimu dan keluarga dari bahaya polutan rumah bagi kesehatan. Pasalnya, tanaman hias indoor memurnikan udara dan menghilangkan semua bahan kimia berbahaya di udara yang akan masuk ke rumah.

Seringkali bahan kimia tersebut menyebabkan berbagai iritasi dan menghambat aktivitas sehari-hari, seperti migrain atau masalah pernapasan.

Lalu, apa lagi manfaat meletakkan atau menanam di dalam ruangan? Berikut 4 manfaat menakjubkan dari menanam tanaman hias di dalam ruangan bagi kesehatan tubuh dan mental. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Menjaga dan Memperbaiki Kualitas Udara

Tanaman dalam ruangan dapat meningkatkan kualitas udara dalam rumah, terutama tanaman lili Paris, dracaena, sirih gading, palem bambu, hingga Krisan. Tanaman penghasil oksigen segar akan diserap oleh tubuh.

Di sisi lain, tanaman tersebut secara signifikan dapat mengurangi senyawa organik volatil yang berbahaya.

Tanaman dalam ruangan juga berfungsi sebagai pelembab alami. Kondisi cuaca yang tak menentu tak jarang membuat kamu lebih mudah untuk terserang penyakit. Tanaman dalam ruangan mampu memperbaiki situasi dan meningkatkan kadar air di rumahmu.

Memengaruhi Kesehatan Mental

Manfaat lainnya dari tanaman di dalam ruangan adalah mendukung kesehatan mentalmu dalam beberapa cara.

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa menanam tanaman didalam ruangan dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi, serta mengurangi stres. Terutama jika kamu saat ini bekerja dari dari rumah.

Faktanya, dalam sebuah penelitian terhadap lebih dari 4.000 peserta selama lockdown COVID-19, sebanyak 74% mengalami efek psikologis positif saat menambahkan tanaman ke kantor mereka.

Di sisi lain, merawat tanaman hias juga dapat meningkatkan kesadaran. Jika kamu sering menghabiskan waktu di depan layar, meluangkan waktu untuk menggali tanah untuk diletakkan di pot, memberi nutrisi pada tanaman dengan air, atau sekadar melihat tanaman tersebut tumbuh merupakan cara berharga untuk dilakukan.

Hal tersebut terbukti dengan baik sehingga dokter bahkan menyarankan "terapi hortikultura" kepada pasien yang menderita Depresi dan kecemasan.

Mencegah Penyakit dan Mempercepat Penyembuhan

Memiliki tanaman hias dalam ruangan dapat mengurangi frekuensi penyakit. Selain berguna bagi kesehatan mental, tanaman dalam ruangan juga mampu mendukung sistem kekebalan dan pertahanan alami tubuh.

Sementara ketika kamu cedera atau jatuh sakit, tanaman hias dalam ruangan mampu membantu kamu sembuh lebih cepat. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap individu yang baru pulih pascaoperasi, mereka yang melihat tanaman hijau memiliki periode pemulihan yang lebih singkat dan membutuhkan lebih sedikit obat untuk pereda nyeri.

Menjadi Sumber Sayuran dan Rempah

Manfaat langsung dari tanaman dalam ruangan adalah kamu dapat mengonsumsi hasil dari tanaman hiasmu. Mulai dari kemangi, marjoram yang tumbuh di meja dapur, hingga tomat yang tumbuh diambang jendela. Hal itu dapat membantu melengkapi diet dengan mengonsumsi tanaman rumah yang segar, lezat, dan kaya akan vitamin.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara agar Lebih Sering Tertawa Bahagia Setiap Hari
Artikel Selanjutnya
7 Arti Mimpi Merpati yang Tak Pernah Diduga Sebelumnya