Sukses

Lifestyle

Biasakan Tidak Makan sebelum Tidur Malam, Ini Alasan Pentingnya

Fimela.com, Jakarta Olahraga dan istirahat cukup merupakan langkah awal untuk menjaga kesehatan. Selain itu, pola makan yang baik juga perlu dimiliki supaya tubuh tidak gampang sakit. Memenuhi kebutuhan makan yang cukup dan mengonsumsinya pada waktu yang tepat adalah langkah awal yang perlu dimiliki.

Satu dari banyak hal terkait pola makan dan istirahat yang baik adalah dengan tidak makan sebelum tidur malam. Dengan kata lain, lambung dalam keadaan kosong jelang tidur malam. Melansir buku Seni Diet Bahagia ala Hiromi Sinya, hindari memasukkan apa pun ke perut 4-5 jam sebelum tidur. Biasakan untuk tidak makan sebelum tidur malam.

Menciptakan Lingkungan Usus yang Seimbang

Kenapa sebaiknya tidak makan jelang tidur malam? Jadi, lambung kosong bisa menciptakan lingkungan usus seimbang yang kondusif bagi penyembuhan diri, ketahanan dan kekebalan tubuh karena tersedia asam keras berkadar tinggi yang membunuh bakteri Helicobacter pylori, juga bakteri-bakteri jahat yang lain.

Lingkungan usus yang seimbang bisa didapatkan dengan tidak makan sebelum tidur malam. Kita pun bisa menyesuaikan jadwal makan dengan jadwal tidur malam. Sebagai contoh, bila kita berencana untuk tidur pada pukul 22.00, maka mulai pukul 18.00 berhentilah makan.

Selain itu, tidur dalam keadaan lambung kosong juga bisa mencegah aliran balik asam dan sleep apnea. Apalagi pada orang yang mengidap obesitas, risiko mengalami sleep apnea sangatlah tinggi.

Kalau selama ini kita terbiasa makan berat jelang tidur malam, ini waktunya untuk mulai membangun kebiasaan harian yang lebih baik. Semoga infonya bermanfaat, ya.

 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading