Sukses

Lifestyle

Mirip Campak, Kenali Gejala COVID-19 Varian Kappa

Fimela.com, Jakarta Belum usai varian Delta tertangani, COVID-19 varian Kappa kabarnya sudah ditemukan di Jakarta. Padahal COVID-19 varian Kappa ini masuk dalam golongan Variants of Interets yang menjadi perhatian WHO.

Menurut pakar epidemiologi Unversitas Griffith Australia Dicky Budiman, COVID-19 varian Kappa memiliki gejala mirip campak. Di Australia sendiri, varian ini tengah melanda. Dicky menjelaskan varian ini mirip dengan campak yang menular melalui airborne.

Gejala yang timbul akibat COVID-19 varian Kappa terbilang tidak ada perbedaan signifikan. Namun jika menginfeksi orang dengan komorbid akan menimbulkan risiko gejala yang lebih cepat.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Siti Nadia Tarmizi mengatakan karakteristik varian Kappa tidak cukup cepat menular jika dibandingkan dengan varian Delta. Di Indonesia, ditemukan dua kasus COVID-19 varian Kappa, yakni di Jakarta dan Sumatera Selatan.

Varian COVID-19

Secara keseluruhan kini ada 7 variants of interest COVID-19 yang telah dilaporkan WHO. Selain Lamba, varian yang masuk golongan lannya adalah psilon, Zeta, Eta, Theta, Iota, dan Kappa.

Sementara, untuk varian virus corona Covid-19 yang masuk ke dalam variants of concerns (VOC) hingga sejauh ini adalah Alpha, Beta, Gamma, dan Delta.

Kamis (24/6) Dinas Kesehatan melaporkan sudah ada 70 sampel teridentifikasi merupakan variant of concern.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Dwi Oktavia menuturkan, dari 70 variant of concern, 33 kasus didapat dari riwayat perjalanan dari luar negeri (imported cases).

"19 transmisi lokal varian Delta di DKI Jakarta, 10 transmisi lokal varian Delta di Debotabek yang mana pemeriksaannya dilakukan di Jakarta, dan 8 kasus masih dalam proses verifikasi apakah merupakan varian Delta dari luar negeri atau transmisi lokal," ucap Dwi.

Adapun rincian 70 variant of concern tersebut, yakni 12 varian Alpha (B.117), 3 varian Beta (B.1.351), 55 varian Delta (B.1617.2).

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading