Sukses

Lifestyle

Perempuan Sulung yang Sering Dituntut Serba Bisa, Punya 5 Kelebihan Ini

Fimela.com, Jakarta Terlahir sebagai anak perempuan pertama dalam keluarga, ada tantangan-tantangan berat yang harus kita hadapi sendiri. Salah satu tantangan yang sering kita hadapi adalah dituntut untuk serba bisa. Saat masih kecil dan perhatian orangtua lebih fokus mengurus adik-adik, seorang perempuan sulung sudah dituntut dan bahkan terlatih untuk melakukan banyak hal secara mandiri.

Memang tidak mudah menerima dan menghadapi tuntutan untuk serba bisa. Pastinya ada tekanan yang membuat kita stres dan tak nyaman dalam menjalaninya. Namun, di sisi lain, ada kelebihan-kelebihan yang bisa kita dapatkan saat kita terbiasa dituntut serba bisa sebagai seorang perempuan sulung.

1. Tidak Gampang Panik saat Menghadapi Situasi Tak Terduga

Dalam hidup ini kita akan dihadapkan pada banyak masalah dan situasi tak terduga. Saat kita sudah terbiasa dituntut untuk serba bisa, kita tak akan mudah panik saat menghadapi situasi tak terduga. Walau mungkin kita tak benar-benar mahir atau sempurna dalam menghadapi sebuah persoalan, tapi setidaknya kita bisa tetap berupaya untuk tenang ketika menghadapi situasi atau persoalan yang menghimpit.

2. Lebih Mudah Melihat Segala Sesuatu dari Sisi Positifnya

Dalam hidup ini, kita selalu dihadapkan pada dua hal: sisi positif dan sisi negatif. Saat berada di situasi yang tidak menyenangkan pun, kita masih bisa melihat sisi positifnya. Apakah mudah? Tidak selalu. Namun, ketika kita sudah terbiasa untuk serba bisa dan menaklukkan setiap tantangan sendiri, kita akan lebih memahami betapa pentingnya melihat segala sesuatu dari sisi positifnya agar tidak mudah panik di segala situasu. "Keahlian" ini memang tidak didapatkan secara instan, tapi proses panjang yang dilalui bisa mendewasakan kita.

3. Punya Hati yang Lebih Lapang dalam Memberi Maaf

Kita pernah tersakiti. Bahkan orang-orang terdekat kita mungkin menjadi orang yang paling tidak sadar pernah menyakiti kita. Tumbuh sebagai perempuan sulung yang dituntut serba bisa, kita menyadari bahwa kita tak selamanya bisa bergantung pada orang lain untuk menyenangkan hati kita. Kita akan dihadapkan pada orang-orang yang mengecewakan kita. Dari sini, kita bisa memiliki hati yang lebih luas dan lapang untuk bisa memaafkan siapa pun karena hidup dengan menyimpan dendam cuma akan makin memberatkan bahu kita sendiri.

4. Menjalani Keseharian dengan Rasa Percaya Diri Tinggi

Tuntutan untuk serba bisa dan melakukan banyak hal sendiri, kepercayaan diri yang tertanam bisa lebih kuat dari waktu ke waktu. Kita bisa lebih percaya diri dengan keahlian dan kemampuan yang kita punya. Kalaupun ada hal yang belum bisa kita lakukan, kita akan berupaya untuk belajar lagi dari nol.

5. Memiliki Kemampuan Mengisi Hidup dengan Cara yang Lebih Bermakna

Dengan kemampuan serba bisa yang kita punya, kita bisa membantu meringankan beban orang-orang di sekitar kita. Kita bisa memudahkan kehidupan orang-orang terdekat kita. Membahagiakan dan menyenangkan orang lain pun bisa membuat kita merasa bahwa hidup yang kita jalani ini punya manfaat dan makna. Kita punya kemampuan mengisi hidup ini dengan cara-cara yang lebih bermakna, dan ini bisa menghadirkan kebahagiaan tersendiri dalam hidup kita.

Untuk semua perempuan sulung, semoga setiap lelahmu bisa menghadirkan senyuman, ya. Walau hidup tak selalu mudah untuk dijalani, setidaknya tetaplah berusaha untuk menjalani hari-hari dengan cara terbaik karena hidup ini tetaplah layak untuk diperjuangkan.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading