Sukses

Lifestyle

7 Cara agar Sate Kambing Tidak Alot dan Bau Prengus

Fimela.com, Jakarta Menjelang Idul Adha, banyak orang kemungkinan besar akan mengolah daging kambing menjadi berbagai macam menu, salah satunya yang paling populer adalah sate kambing. Meskipun tampak mudah membuat sate kambing, ternyata ada kalanya daging bisa jadi alot jika tidak diolah dengan benar.

Untuk mencegah daging kambing tidak alot ketika dibakar menjadi sate, ini dia sekian tips yang bisa dilakukan.

1. Daun pepaya

Setelah dipotong-potong, daging kambing yang akan dijadikan sate dibungkus dengan daun pepaya yang sudah diremas-remas. Daun pepaya memiliki getah yang dapat memecah serat daging kambing sehingg lebih empuk ketika disantap.

2. Buah nanas

Selain daun pepaya, bahan lain yang bisa mengempukkan daging dengan buah nanas. Ambil buah nanas secukupnya dan rendam sebentar daging kambing. Rasa asam buah nanas juga mampu menghilangkan prengus.

3. Tidak perlu dicuci

Daging kambing sebaiknya juga tidak dicuci terlabih dahulu karena daging kambing yang dicuci justru memicu munculnya bau prengus. Untuk menjaga kebersihannya kamu cukup membersihkan kotoran dan darahnya saja menggunakan lap basah atau tisu.

4. Pilih bumbu yang berbau tajam

Agar daging bebas bau, pilih bumbu dengan aroma khas seperti daun jeruk, jahe, kunyit, serai, lengkus, dan ketumbar. Berbagai rempah kuat mampu membuat daging kambing gurih dan bebas bau.

5. Bakar dengan api sedang

Daging kambing yang sudah dipersiapkan dengan baik saja tidak cukup, pembakaran menggunakan api yang salah juga bisa membuat sate alot. Gunakan bara arang yang panas dan kipas hingga matang. Hindari menggunakan api yang besar karena akan membuat daging gosong dan tidak matang dengan sempurna.

6. Balur dengan tepung tapioka

Kamu juga bisa mencoba melumuri daging kambing menggunakan tepung tapioka atau kanji. Setelah daging kambing ditusuk-tusuk, lumuri dengan tepung kanji untuk membersihkan dagingnya. Biarkan beberapa waktu setelah itu hilangkan tepungnya. Baru olah kambing dengan bumbu sate dan bakar.

7. Air kelapa

Air kelapa juga bermanfaat mengempukkan daging kambing. Selain empuk, daging juga akan bebas bau prengus. Tambahkan pada bumbu sate untuk membakar daging kambing.

Nah, itu dia sekian tips agar sate kambing tidak alot dan bau prengus. Yuk terapkan tipsnya!

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading