Sukses

Lifestyle

Diary Fimela: Kisah Sukses Silvia Yohana, Working Mother yang Sukses Menjadi General Manager L’Oréal Indonesia

Fimela.com, Jakarta Menjadi working mother bukanlah hal yang mudah. Justru, banyak tantangan yang harus dihadapi saat menjadi seorang ibu yang juga aktif bekerja pada sebuah perusahaan dengan mengemban posisi jabatan tertentu. Hal inilah yang patut kita apresiasi dari Silvia Yohana, yang merukakan Manager of Active Cosmetic Division yang kini memimpin brand dermatologis nomor satu di dunia yang baru masuk ke Indonesia, yaitu La Roche Posay

Perjalanan kariernya bersama L’Oréal Indonesia sudah berjalan 14 tahun. Ia telah menangani ragam brand, dengan pangsa pasar yang beragam Ia pernah menjadi Manager Lancome, beralih peran sebagai General Manager L’Oreal Luxe, Category Director Make-Up (Maybelline, L’Oréal Paris, NYX), serta Marketing Director Garnier. Berbagai pencapaian selama perjalanan di L’Oréal Indonesia termasuk peralihan distribusi butik yang menyokong bisnis secara signifikan hingga keberhasilannya membawa Garnier menjadi brand kecantikan # 1 di Indonesia.

 

 

Mencintai dunia kecantikan

Perempuan lulusan University of Auckland, Selandia Baru ini memang mencintai dunia kecantikan. Bahkan perjalanan kariernya sudah memasuki usia ke-29 tahun. Kegigihandan kecintaan terhadap pekerjaannya sukses membuahkan hasil yang membanggakan. Sebelum bersama L’Oréal, Silvia juga pernah bergabung bersama perusahaan multinasional P&G Indonesia sebagai Marketing Manager dari Anna Sui Cosmetics & Prestige Fragrance. 

Di tengah kesibukannya sebagai perempuan karier, Silvia juga berusaha untuk tetap bisa adil membagi wkatu bersama keluarga. Ia selalu menyempatkan waktu untuk kumpul bersama keluarga kecilnya di tengah aktivitas padat. Terutama selama WFH ini, ia menyempatkan diri bersama untuk meluangkan waktu berkumpul dengan makan siang atau malam bersama. 

Silvia mengaku jika sukses yang diraihnya tentu berkat support dari keluarga. "Jadi buat aku yang penting adalah punya understanding dan support yang baik dari family dan juga terus memberikan proximity dengan family.” ungkapnya. 

Tim yang solid juga jadi kunci keberhasilan

Selain itu, tim yang solid juga menjadi kunci untuk bisa terus berkembang. Hal ini diungkapkan oleh Silvia. Di saat ia menjadi seorang leader, ia memiliki banyak tugas untuk memajukan brand yang jadi tanggung jawabnya bersama tim. Oleh sebab itu, komunikasi juga harus jelas dan terjalin dua arah, sehingga ia dan timnya berada dalam satu pemahaman yang sama dengan visi, misi, dan semangat yang positif. 

“Seorang leader bukanlah mind reader, sehingga saya selalu terbuka dan peka untuk menanyakan keadaan tim jika mereka terlihat kesulitan beradaptasi atau sedang mendapat distraksi tertentu, sehingga kendala tersebut dapat segera teratasi.” Ungkapnya. 

Silvia selalu memperkaya dirinya dengan pengetahuan dan perkembangan terbaru di industri kecantikan dan semua hal yang berkaitan di dalamnya. Oleh sebab itu, hobby traveling yang dilakukannya juga tak semata-mata berlibur saja, namun kesempatan ini ia jadikan agenda untuk menambah inspirasi dalam hidup dan pekerjaannya. 

 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading