Sukses

Lifestyle

Bacaan Niat Berkurban dan Doa Menyembelih Hewan Kurban

Fimela.com, Jakarta Kurban merupakan salah satu ibadah sunah yang dilakukan pada bulan Zulhijah saat Hari Raya Idul Adha. Penyembelihan ibadah kurban bisa dilakukan pada 10-13 Zulhijah.  Ibadah kurban merupakan bentuk meneladani kisah Nabi Ibrahim AS yang rela mengurbankan anaknya, Nabi Ismail AS. Saat menyembelih Ismail, Allah SWT menggantinya dengan hewan sembelihan yang besar sebagai balasan atas keimanan dan keikhlasan Ibrahim dan Ismail.  

Perintah berkurban terdapat dalam Alquran, seperti dalam surat Al-Kautsar ayat 2. Yang berarti: "Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu dan berkurbanlah.

Berkurban dilakukan bagi mereka yang mampu. Standar mampu dalam Mazhab Syafi'i bukan dihitung dengan nominal tertentu, akan tetapi bagi mazhab ini, dikategorikan mampu ialah yang mempunyai uang cukup untuk beli hewan kurban. Dia juga memiliki uang untuk menafkahi keluarga beserta orang-orang yang ditanggungnya selama hari-hari penyembelihan; 10-13 Zulhijah.

Berkurban dilakukan dengan menyembelih hewan kurban seperti unta, sapi, kerbau, kambing, dan domba. Hukum berkurban adalah sunah muakkad yaitu sunah yang kuat atau sunah yang sangat dianjurkan.

 

Bacaan Niat Kurban

Bagi yang ingin berkurban, harus melafalkan niatnya, adapun bacaan niatnya:

Nawaitu al-udhiyata bi syaatin lillahi ta’ala

Artinya: “Saya niat berkurban untuk diri sendiri karena Allah ta’ala.”

Doa Menyembelih Hewan Kurban

Saat menyembelih hewan kurban disunahkan untuk membaca bismillah, takbir, salawat, dan doa ketika menyembelih kurban. Berikut doa saat menyembelih hewan kurban saat Idul Adha:

1. Membaca basmalah dengan sempurna

"Bismillahir rahamnir rahim"

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang."

2. Membaca salawat untuk Rasulullah SAW

"Allahumma shalli ala sayyidina muhammad, wa alaa aali sayyidina muhammad"

Artinya: "Tuhanku, limpahkan rahmat untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarganya."

3. Membaca takbir sebanyak tiga kali dan tahmid sebanyak satu kali

"Allahu akbar, allahu akbar, allahu akbar walillahil hamd"

Artinya: "Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi-Mu."

4. Membaca doa menyembelih hewan kurban

"Allahumma hadzihi minka wa ilaika, fataqabbal minni ya karim"

Artinya: "Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan yang Maha Pemurah, terimalah taqarrabku."

Selain memiliki makna yang mendalam, berkurban juga memiliki tujuan sosial yakni untuk mensejahterakan masyarakat, dengan membagi daging hewan kurban pada orang yang kurang mampu (8 golongan). Bagi orang yang mampu (wajib berkurban) maka ia harus menyerahkan semua daging kurban pada yang membutuhkan. Sementara bagi mereka yabg tidak wajib berkurban tetapi tetap berkurban dapat membagi daging: 1/3 untuk dirinya sendiri, 1/3 untuk orang yang kurang mampu dan 1/3 bagi siapa saja yang diinginkan. Semoga ulasan di atas bermanfaat.

 

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading