Sukses

Lifestyle

Ingin Merasakan Efek Terbaik Kopi? Jangan Langsung Minum setelah Bangun Tidur

Fimela.com, Jakarta Mungkin kamu terbiasa langsung minum kopi begitu bangun tidur di pagi hari. Tapi tahukah kamu bahwa untuk mendapatkan efek terbaik kopi, kamu justru tidak boleh meminumnya langsung setelah bangun tidur?

Kortisol adalah hormon stres tubuh yang cenderung berkontribusi pada lemak perut dan menyebabkan stres. Tapi kortisol juga memiliki fungsi penting dalam tubuh.

Di pagi hari, secara alami, kortisol akan melonjak bersama dengan adrenalin, untuk memberi energi dan membantu fokus. Jadi, menambahkan ekstra kortisol dengan kafein dari kopi adalah hal yang sia-sia, karena kamu sudah mendapatkan lonjakan energi alami, seperti dilansir dari huffpost.com.

Menunggu kadar kortisl mereda sebelum mengonsumsi kafein memungkinkan kamu mendapatkan semua sumber energi. Selain itu, menambahkan kafein ke dalam tubuh yang sudah memiliki kadar kortisol tinggi akan menyebabkan perasaan gelisah dan sedikit sensitif terhadap kopi.

 

Mengapa tidak boleh langsung minum kopi begitu bangun tidur di pagi hari?

Berkat kortisol, kewaspadaan dan fokus cenderung memuncak 30 sampai 45 menit setelah kamu bangun tidur di pagi hari. Jadi, tunggu sebentar sebelum kamu meminum kopi di pagi hari.

Kortisol umumnya mulai meningkat sekitar jam 4 pagi, seperti halnya epinefrin atau adrenalin yang keduanya menyebabkan gula darah naik, sehingga kamu memiliki bahan bakar yang tersedia. Kafein dalam kopi juga meningkatkan glukosa, sehingga saat kamu ingin bangun dan beraktivitas, terutama untuk berolahraga, kamu bisa minum secangkir kopi.

Akhirnya, kafein adalah pengalaman yang sangat individual, jadi penting untuk menyesuaikannya dengan tubuhmu sendiri dan buat keputusan berdasarkan itu. Apa kamu juga termasuk yang harus minum begitu bangun tidur di pagi hari, Sahabat FIMELA?

Saksikan video menarik setelah ini

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Ketahui Waktu yang Terbaik untuk Minum Kopi Demi Menjaga Kesehatan Pencernaan
Artikel Selanjutnya
7 Cara Membuat Kopi yang Enak ala Kafe, Praktis dan Mudah Dicoba