Sukses

Lifestyle

6 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi setelah Makan Daging

Fimela.com, Jakarta Mungkin kita sering makan daging dengan telur, keju atau setelah makan daging langsung cuci mulut dengan buah semangka. Ternyata, beberapa kebiasaan ini tidak baik bagi kesehatan tubuh, khususnya pencernaan dan sebaiknya dihentikan. Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersama dengan daging atau dikonsumsi dengan jarak yang dekat.

1. Telur

Kandungan protein yang tinggi dalam telur dan lemak dalam daging akan memberikan energi instan dalam tubuh. Tetapi perlu kamu tahu kalau kombinasi dari dua makanan ini membuat energi pada tubuhmu cepat hilang, justru badanmu akan cepat merasa lesu. Jadi, hindari mengonsumsi dua bahan makanan ini secara bersamaan atau dalam waktu dekat.

2. Keju

Daging dan keju sama-sama memiliki kandungan protein yang tinggi. Dua kandungan ini jika masuk ke dalam tubuh secara bersamaan akan sulit dicerna oleh tubuh. Memakan keju setelah mengonsumsi daging biasa membuat terasa penuh dan rasa tak nyaman.

3. Cuka

Seringkali banyak orang mencampurkan daging dengan cuka, misalnya pada bakso. Daging sendiri termasuk dalam jenis makanan panas, sementara cuka memiliki kesamaan seperti alkohol, termasuk jenis makanan hangat. Mengonsumsinya secara bersamaan dapat membuat perutmu menjadi tidak enak, bahkan menyebabkan mulas dan diare.

4. Semangka

Semangka sering kita konsumsi seteah makan daging atau makan berat, karena sifatnya yang banyak air sehingga dapat mendinginkan badan. Tetapi, perlu diingat bahwa daging bersifat panas, dan mengonsumsi dua makanan secara bersamaan, dapat menurunkan efek bergizi dari daging. Selain itu campuran menu ini akan membahayakan tubuh penderita asthenia limpa, karena dapat membahayakan energi dan mengganggu lambung.

5. Durian

Daging memiliki efek panas dalam tubuh. Begitu juga dengan durian. Apabila mengonsumsi secara bersama atau berdekatan dua makanan ini akan mengakibatkan peradangan dan inflamasi dalam tubuh. Jadi, hindari menggunakan durian sebagai pencuci mukut setelah makan daging.

6. Susu

Susu tidak boleh dikonsumsi setelah atau sebelum makan daging kambing, sapi atau ayam. Selain membuat perut tidak nyaman, kandungan zat besi dan kalsium pada kedua makanan ini cenderung akan diserap oleh tubuh sehingga gizinya tidak maksimal.

Alih-alih mengonsumsi daging denga bahan-bahan di atas, sebaiknya tambahkan sayuran hijau dengan daging agar lebih mudah dicerna oleh tubuh. Atau setidaknya beri jeda selama beberapa jam, baru mengonsumsi makanan yang lainnya.

 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading