Sukses

Lifestyle

Mengenal Sound Healing, Terapi Musik Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Mental

Fimela.com, Jakarta Istilah sound healing mungkin masih terdengar asing bagi orang Indonesia. Hanya segelintir orang yang paham istilah tersebut dan mengetahui manfaat dari salah satu jenis terapi ini dan baik untuk kesehatan mental.

Dilansir dari healthline, sound healing merupakan salah satu metode terapi yang menggunakan musik sebagai media utamanya. Terapi musik ini bertujuan untuk membantu menenangkan pikiran yang berkaitan dengan kestabilan kesehatan mental.

Singkatnya, sound healing ini bisa membantu kamu yang sedang mengalami gangguan kecemasan dan juga Depresi. Namun, ternyata masih banyak lagi manfaat yang bisa kamu dapatkan dari terapi sound healing ini, apa saja? Berikut penjelasannya.

Manfaat sound healing

Dilansir dari wellandgood.com, terdapat 4 manfaat utama dari sound healing

1. Sarana untuk relaksasi mendalam

Relaksasi mendalam adalah salah satu manfaat yang paling signifikan dan universal dari terapi sound healing. Jika kamu tidak mengambil apapun dari sesi sound healing, maka kamu akan mendapatkan manfaat relaksasi. 

Dengan jadwal kita yang sibuk dan begitu padat, maka relaksasi ini akan sangat membantu kamu untuk menenangkan pikiranmu sejenak dan membuat badanmu rileks paling tidak sepanjang sesi. 

2. Membantu membersihkan penyumbatan energik

Getaran suara yang dihasilkan saat sesi sound healing ini akan membuka, membersihkan, dan menyeimbangkan chakra dan melepaskan energi yang tertahan. 

Hal ini merupakan dikenal dengan istilah “energetic deep tissue massage” yang membuat kamu merasa seimbang dan terisi kembali. 

3. Meningkatkan kesehatan kamu

Hal ini benar adanya. Kamu bisa mendapatkan manfaat seperti peningkatan kualitas tidur, pengurangan rasa sakit kronis dan tekanan darah, serta penurunan resiko penyakit jantung. 

4. Mendukung kestabilan kesehatan mental, emosional, dan spiritual

Terapi ini bisa juga untuk menyembuhkan penyakit mental dan emosional, karena dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. 

Sound healing akan membantu menyeimbangkan dan menjernihkan pikiran, dan mengarah pada tujuan, kesejahteraan, ketenangan, dan kebahagiaan yang diperbarui.

Cara kerja sound healing

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, bagaimana terapi musik ini bisa meredakan kecemasan, depresi, hingga penyakit mental yang lainnya. 

Dilansir dari mindbodygreen.com, terapi musik ini menggunakan berbagai aspek suara untuk meningkatkan kesejahteraan emosional sekaligus fisikmu. Suara akan membantu memfasilitasi perubahan keadaan gelombang otak kita dengan menggunakan entrainment. Entrainment merupakan salah satu alat khusus yang menghasilkan instrumen musik untuk terapi sound healing

Suara bertindak sebagai media bagi tubuh kita untuk menyembuhkan diri sendiri melalui entrainment. Ketika sound healing memperkenalkan frekuensi yang bermanfaat selama terapi suara, tubuh kita akan mendapatkan sinyal untuk bergerak ke arah frekuensi dan mencocokkan getaran suara yang ‘sehat’. 

Kamu juga harus memasukkan niat ke dalam sesi sound healing karena hal ini sama pentingnya dengan frekuensi itu sendiri. Jonathan Goldman, pelopor kebangkitan sound healing, baru-baru ini menciptakan formula “Frekuensi + Niat = Penyembuhan", dikutip dari wellandgood.com.

Dalam hal ini,  pikiran dapat dilihat sebagai bentuk energi dan saat kita menambahkan niat yang bermanfaat, seperti untuk meningkatkan kesehatan, dan berpusat pada hati ke dalam prosesnya, maka hasil yang akan kamu peroleh dari terapi sound healing ini akan jauh lebih besar.

Referensi channel YouTube yang menyediakan konten sound healing

Mungkin saat ini belum banyak terapi sound healing yang terdapat di Indonesia. Namun, jangan khawatir karena kamu bisa melakukan sound healing ini dengan bantuan konten-konten video dari channel youtube yang memang menyediakan konten sound healing. 

Dilansir dari hi.feeka, terdapat beberapa referensi channel youtube yang menyediakan konten tersebut dan bisa kamu manfaatkan untuk terapi secara mandiri, yakni

  • Brainwave Music
  • Meditative Mind
  • Halidon Music
  • The Soul of Wind
  • Sleeptube - Hypnotic Relaxation
  • MeditationRelaxClub - Sleep Music & Mindfulness

Selamat mencoba, ya!

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Dinamika Era Masyarakat 5.0, Peran Psikolog Klinis Turut Berubah Demi Kesejahteraan Jiwa Masyarakat
Artikel Selanjutnya
Memanfaatkan Bahan Alami Terbaru untuk Menjaga Kesehatan Tubuh dan Mental