Sukses

Lifestyle

Manfaat Mengejutkan dari Mandi Air Es yang Sering Dilakukan Lady Gaga Setelah Manggung

Fimela.com, Jakarta Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya apa itu ice bath therapy. Mandi es? Yang benar saja. Mandi di pagi hari dengan air dingin saja, tubuh kita sudah merasa kedinginan, bagaimana mandi dengan air es?

Namun, ternyata ice bath therapy ini benar-benar ada, loh. Bahkan, Lady Gaga pun sering melakukan terapi ini dan menyetujui akan manfaatnya. Oktober 2019 yang lalu, Lady Gaga mengunggah fotonya sedang berendam di bathtub yang berisi penuh dengan es batu. 

Dengan caption “Post show routine: ice bath for 5-10 min, hot bath for 20, then compression suit packed with ice packs for 20,” dirinya menjelaskan rutinitasnya dalam melakukan terapi tersebut. 

Dilansir dari allure, Lady Gaga melakukan treatment itu secara rutin setiap malam demi mempersiapkan tubuhnya agar bisa lebih rileks sebelum manggung, dan juga untuk mendapatkan sensasi tubuh yang lebih rileks sebelum tidur di malam hari setelah manggung. 

Terdengar menarik bukan? Lalu, apa saja sebenarnya manfaat dari ice bath therapy ini? Berikut penjelasannya.

Mengurangi peradangan pada otot

Mungkin terdengar agak ekstrem, tapi faktanya, terapi ini sering dilakukan juga oleh para atlet profesional. “Berendam di air dingin, khususnya air es akan mengurangi peradangan pada otot dengan menyempitkan pembuluh darah kita,” jelas master trainer Nike Luke Worthington, dikutip dari Vogue.

Membuat tidur lebih nyenyak

Luke Worthington juga mengatakan bahwa terapi ini akan membuat badan menjadi lebih rileks ketika tidur, karena ini merupakan salah satu cara alternatif pengganti yoga restoratif. 

“Setelah seseorang telah melalui banyak aktivitas dalam sehari, dengan melakukan terapi ini setelah melakukan kegiatan, akan mengurangi peradangan yang berlebih. Hal itulah yang membuat tubuh menjadi terasa lebih ringan, dan akan membuat tidurmu lebih nyenyak,” tambahnya.

Melepaskan hormon adrenalin

Bukan hanya hal fisik, namun ternyata terapi ini juga membuat pikiranmu jauh lebih tenang. Menurut Luke, berendam dalam air dingin dapat melepaskan katekolamin, yakni hormon seperti adrenalin dan dopamin, yang membuat kamu jadi merasa lebih waspada dan terjaga, serta lebih mampu untuk berkonsentrasi. 

Hal ini sangat membantu mengimbangi perasaan lesu yang disebabkan oleh gelombang panas karena kamu terlalu lelah beraktivitas sepanjang hari.

Sering dilakukan oleh para atlet

Dilansir dari Vogue, pendiri Boxing Gym Jab George Veness mengatakan bahwa terapi ini merupakan bagian penting dari Fight Week, karena mendorong pengikutnya untuk memulai hari dengan berendam di air dingin, lalu latihan tinju, dan akhirnya mendapatkan afirmasi positif. 

“Ini merupakan cara yang luar biasa untuk mengajari tubuh kita menangani situasi yang membuat stres, karena mempercepat metabolisme tubuh dan mendapatkan kejernihan mental,” pungkas George Veness, dikutip dari Vogue

Banyak pula ilmuwan yang telah membuktikan efek positif air dingin pada kesehatan mental seseorang. Mereka menemukan bahwa mandi air es ini akan membuat tubuh merespon stres dengan meredakan tekanan darah dan detak jantung.

Bagi kamu yang juga ingin mencoba terapi ini, mulailah mencobanya dengan bertahap. Dengan memulai 15 detik dahulu, karena pastinya kamu akan kesulitan bernapas di awal-awal pencobaan. Lalu, lama kelamaan, tubuhmu akan mulai terbiasa dengan rutinitas mandi air es ini, yang idealnya dilakukan selama 5-10 menit. 

Selamat mencoba!

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading