Sukses

Lifestyle

Kenangan Roadtrip Masa Kecil Membuatku Memiliki Impian Ini saat Dewasa

Fimela.com, Jakarta Kenangan pada masa kecil takkan pernah terlupakan. Hari-hari dan waktu yang kita lewati saat masih anak-anak akan selalu membekas di hati. Masing-masing dari kita pun pasti punya kisah atau cerita paling membekas soal masa kecil itu, seperti pengalaman yang dituliskan Sahabat Fimela dalam Lomba My Childhood Story: Berbagi Cerita Masa Kecil yang Menyenangkan ini.

***

Oleh:  Kartika

Satu kenangan masa kecilku yang sangat berkesan, bahkan kini menginspirasiku adalah pengalaman roadtrip bersama keluarga. Waktu itu liburan kenaikan kelas, dan aku masih duduk di bangku kelas 4 SD.

Sebagai hadiah, orang tua mengajak kami anak-anak (tiga bersaudara) untuk liburan bertualang naik mobil ke Surabaya. Kami berangkat dari Jakarta dan menghabiskan hampir seminggu di jalan, demi ketemu Nenek di Surabaya.

Kalau ditanya mampir ke kota mana saja, sejujurnya aku lupa. Tapi beberapa foto bisa mengingatkan aku akan tempat-tempat itu, sih. Seingatku kami selalu istirahat di malam hari, menginap di penginapan. Terbayang kan, jaman dulu tol Trans Jawa belum ada, google maps juga belum eksis. 

Jadilah kami betul-betul bertualang menyusuri kota ke kota, berjuang membaca peta dan tentu saja sering bertanya ke penduduk sekitar, karena kesasar hahaha. Aku ingat betul, karena perjalanan itulah aku jadi mengerti cara membaca peta dengan benar.

Nah, yang membuat perjalanan itu sangat berkesan bukanlah di tujuan wisatanya, tapi selama di mobil dalam perjalanan. Kala itu belum ada gadget yang bisa menemani kami membunuh kebosanan. Tidak ada juga Spotify yang bisa kita pilih lagu-lagunya untuk karaoke-an. Jadilah kami menyiapkan aneka mainan buat di jalan, seperti boneka, kartu, dan congklak. Lalu ayahku yang hobi menyanyi membawa sederetan koleksi kasetnya, yang kebanyakan adalah lagu Sunda! Meski aku tidak mengerti artinya, tapi jadi hafal liriknya karena hanya itu yang kami dengarkan.

Tentu saja kami bertiga juga berantem di mobil. Lalu baikan lagi, karena tidak ada pilihan lain, hahaha. Aku benar-benar merasa kami bertiga sangat kompak dan waktu itu selalu menemukan cara untuk saling menghibur.

Ingin Berkeliling Indonesia

Aku juga sangat terkesan dengan aneka makanan dan bahasa yang kami temui di jalan. Alangkah banyaknya keanekaragaman yang Indonesia miliki, bahkan ini masih di satu pulau yang sama!

Sejak itulah aku bercita-cita harus roadtrip lagi setelah dewasa. Dan mimpi itu sudah kumulai. Dari roadtrip jarak pendek keliling Jawa Barat, lalu kususul dengan keliling Jawa tengah dan Jawa Timur. Dan yang terakhir sebelum pandemi melanda, aku berhasil roadtrip keliling pulau Kalimantan.

Cita-cita ini masih panjang, karena aku ingin khatam berkeliling Indonesia dengan mobil. Kelak, aku juga ingin mengajak anak-anakku untuk bertualang bersama naik mobil. Semoga saja mereka akan menyukainya, seperti halnya aku yang mencintai roadtrip.

Yang kuharap saat ini, pandemi bisa segera usai, dan kita bisa jalan-jalan lagi dengan aman dan nyaman. Stay safe everyone, xoxo.

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Tanpa Bertatap Muka, Kemeriahan HUT RI Tetap Bisa Dirayakan dengan Lomba Ini
Artikel Selanjutnya
Grup Alumni adalah Tempat Menjalin Hubungan Baik, bukan Ajang Perdebatan