Sukses

Lifestyle

Sempat Ingin Mati karena Kanker, Perenang Jepang Malah Sukses Bertanding di Olimpiade Tokyo

Fimela.com, Jakarta Keajaiban dirasakan atlet renang asal Jepang, Rikako Ikee yang bertading di Olimpiade Tokyo 2020, setelah kurang dari setahun ia diagnosis Leukemia dan berjuang sembuh dari penyakitnya.

Meskipun Rikako Ikker tidak maju ke final dibabak kealifikasi estafet gaya bebas 4x100m putri, namun penampilannya sangat dinanti-nantikan karena ia merupakan simbol harapan bagi banyak orang di Jepang, yang mengagumi kesembuhannya dan kagum dengan perjuangannya.

Selain estafet gaya bebas 4x100m putri, perempuan berusia 21 tahun ini akan bertanding dinomor estafet gaya ganti 4x100 putri pada 30 Juli, dan kemungkinan juga akan ambil bagian dalam estafet campuran 4x100 pada 29 Juli.

Ikee, juga membela Jepang di cabang renang pada Olimpiade Rio 2016 lalu dan memegang banyak rekor nasional. Perenang itu mengungkapkan diagnosis leukemianya pada Februari 2019, dan menjalani perawatan selama 10 bulan.  Dia kembali berlatih hanya tiga bulan setelah keluar dari rumah sakit dan kembali berkompetisi pada Agustus 2020.

Ikee telah membuat comeback yang mengesankan meskipun telah kehilangan berat badan dan massa otot karena penyakitnya.  Dia mengamankan tempatnya di Olimpiade Tokyo setelah memenangkan keempat acaranya di kejuaraan nasional Jepang pada bulan April.

Diagnosa dengan kanker

Melansir Olympics.com, setelah rekor kesuksesan yang tampaknya tanpa henti, kehidupan Ikee tiba-tiba terbalik.

Setelah merasa sesak napas yang luar biasa selama kamp pelatihan di Australia pada Februari 2018, pemegang rekor Jepang itu didiagnosis menderita leukemia.

 “Masa depan yang saya anggap remeh berubah dalam semalam menjadi sesuatu yang sama sekali berbeda.  Itu adalah pengalaman yang pahit dan menyakitkan,” jelasnya dalam acara one year to go.

Yang terjadi selanjutnya adalah perjuangan selama setahun melawan kanker yang membuat Ikee bertekuk lutut.

"Pada titik terendah saya, saya ingin mati. Saya merasa lebih baik mati jika saya harus melalui rasa sakit seperti ini. Tetapi jika melihat kembali sekarang, saya benar-benar menyesal pernah berpikir seperti itu,” ujarnya.

"Saya tidak berpikir sedetik pun sakit adalah hal baik, tetapi saya belajar banyak karena sakit ini. Saya sekarang tahu di mana saya berdiri, bagaimana harus menjalani hidup. Ini akan menjadi titik balik besar untuk sisa hidupku,” tambahnya.

Pada bulan Maret 2020, Ikee akhirnya berhasil kembali ke kolam renang.  Itu adalah renang pertamanya dalam 406 hari.

"Saya akhirnya mendapat izin dari dokter untuk pergi ke kolam renang. Setelah 406 hari! Saya tidak bisa mulai menggambarkan betapa bahagianya saya dan betapa senangnya saya. Saya sangat beruntung,” ujarnya.

Ikee telah menempuh perjalanan yang panjang dan sulit, tetapi jalan kembali ke level tertinggi dunia renang tidak akan singkat.  Dia adalah kandidat yang sempurna untuk menyampaikan pesan harapan yang emosional kepada dunia yang menderita akibat dampak pandemi COVID-19.

Terlahir menjadi perenang

Ikke ditakdirkan untuk hidup di dalam air. Ia lahir di Edogawa Tokyo pada tahun 2000, Ikee dilahirkan ke dunia melalui kelahiran air. Pada usia tiga tahun, dia mulai berenang, dan pada usia lima tahun dia sudah bisa berenang 50 meter dalam empat gaya: gaya bebas, gaya punggung, gaya kupu-kupu, dan gaya dada.  

Pada Pertemuan Renang Musim Semi JOC (kelompok usia 13-14 tahun) yang diadakan pada bulan Maret 2014, Ikee memenangkan medali emas dalam nomor gaya bebas 50 dan 100 meter, memecahkan rekor baru untuk sekolah menengah pertama dalam kursus singkat. 

Dia juga memenangkan medali emas di nomor kupu-kupu 50 meter. Pada usia 16 tahun, Ikee membuat debut Olimpiadenya di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 dan memenuhi syarat untuk berenang di tujuh acara berbeda - jumlah terbesar di antara perenang Jepang - di mana ia berada di posisi ke-5 dalam kompetisi kupu-kupu 100 meter.

Ketika Japan Swim ke-93 diadakan pada tahun 2017, Ikee memenangkan lima medali emas yang memecahkan rekor.  Pada tahun berikutnya, ia memecahkan enam rekor Jepang dalam empat acara di Japan Swim ke-94.  Perenang itu juga memenangkan enam medali emas di Asian Games 2018, perenang pertama yang mencapai prestasi itu.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading