Sukses

Lifestyle

4 Tips Mengatur Keuangan dan Berhemat dengan Gaji Pas-pasan

Fimela.com, Jakarta Sebagian besar dari kita ingin menghemat uang sehingga kita dapat membangun kekayaan dan merencanakan masa depan. Kita memiliki tujuan yang ingin kita capai seperti bepergian atau hal-hal yang ingin kita beli seperti rumah impian. Namun, ini bisa tampak mustahil ketika dirimu bertahan dengan penghasilan rendah.

Dalam hal keuangan, penting untuk tidak hanya memikirkan saat ini tetapi juga masa depan. Bahkan jika dirimu mendapatkan upah minimum, kamu masih bisa menabung sedikit demi sedikit. Berikut ini adalah beberapa cara sederhana menabung dengan penghasilan rendah.

1. Atasi Hutang Bunga Tinggi Terlebih Dahulu

Untuk mulai menabung lebih banyak, Sahabat Fimela harus mengatasi utang secara langsung. Khususnya suku bunga tinggi dari pinjaman pribadi, atau kartu kredit, karena itu memaksamu untuk membayar biaya dan beban bunga yang keterlaluan.

Saat melunasi utang, dirimu memerlukan rencana yang dapat dicapai, namun menantang untuk melunasinya. Mulailah dengan memprioritaskan utang sehingga dirimu melunasi utang dengan bunga tertinggi terlebih dahulu. Kemudian, saat melangkah maju, hindari akumulasi utang berbunga tinggi, terutama kartu kredit.

2. Kurangi Pengeluaran Terbesar

Mencoba untuk menghemat uang ketika dirimu memiliki penghasilan rendah bisa sangat sulit. Terkadang rasanya tidak mungkin untuk mengurangi bahkan satu atau dua dolar setiap bulan. Selain ide-ide hemat uang yang biasa, seperti memasak makanan di rumah dan membatalkan tagihan kabel, apa lagi yang bisa dirimu lakukan? Alih-alih mencoba mengurangi pengeluaran kecil, fokuslah pada pengeluaran yang lebih besar sehingga dirimu dapat membuat dampak yang lebih signifikan.

Bagi kebanyakan orang, biaya perumahan cenderung menjadi bagian terbesar dari pengeluaran mereka. Jika dirimu menyewa, pertimbangkan untuk berhemat ke rumah yang lebih kecil atau tinggal bersama teman sekamar.

Jika memiliki rumah sendiri, lihatlah apakah pembiayaan kembali hipotek dengan tarif yang lebih rendah akan bermanfaat atau tidak. Dirimu juga bisa menyewakan kamar atau tempat parkir untuk tambahan penghasilan.

3. Jaga Anggaran Pengeluaran

Untuk menghemat lebih banyak, dirimu harus mengontrol berapa banyak yang kamu belanjakan. Pilih kategori yang ingin kamu nikmati dan pertahankan sisa anggaran sesingkat mungkin. Kamu harus berkorban tetapi itu bukan tidak mungkin.

Hanya belajar untuk menghabiskan di moderasi. Contohnya, kurangi seberapa sering dirimu makan di luar. Kamu masih bisa menikmati makanan enak di restoran, hanya saja tidak beberapa kali seminggu.

4. Mulai Usaha Sampingan

Jika kamu tidak dapat memotong biaya lebih dari yang sudah kamu miliki, pertimbangkan untuk mendiversifikasi penghasilan dengan memulai usaha sampingan untuk mendapatkan uang tambahan. Selain pekerjaan penuh waktu, kamu bisa mendapatkan pekerjaan sampingan untuk memberikan sumber penghasilan lain.

Banyak pekerjaan sampingan yang dapat dilakukan langsung dari rumah sendiri di waktu luang. Pikirkan tentang apa yang kamu kuasai, hobi apa yang bisa menghasilkan uang, atau apa yang sudah kamu nikmati yang bisa diubah menjadi pekerjaan sampingan. Pekerjaan sampingan yang populer termasuk penulisan lepas, entri data, dan desain grafis.

Nah, itu tadi adalah beberapa cara yang dapat membantumu untuk menghemat dan menabung saat dirimu memiliki penghasilan yang lebih rendah. Semoga informasi ini bermanfaat.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
11 Alasan Kamu Tidak akan Pernah Jadi Kaya Raya
Artikel Selanjutnya
Fimela Fest 2021: Investasi Modern dengan Kripto Lebih Mudah dan Menjanjikan