Sukses

Lifestyle

4 Masalah Keuangan Ini Teratasi Jika Memiliki Dana Darurat

Fimela.com, Jakarta Pandemi COVID-19 yang belum berakhir terus memberikan dampak pada keuangan pribadi. soal masalah keuangan. Ketidakpastian ini membuat perencanaan keuangan jadi semakin penting, termasuk dana darurat.

Dana darurat dapat digunakan untuk mengatasi masalah keuangan di situasi mendesak. Oleh sebab itu sebaiknya dana darurat memiliki kantung sendiri dan berbeda dengan rekening yang digunakan sehari-hari.

“Selagi memiliki penghasilan, jangan lupa menyisihkan sebagian untuk dana darurat. Besaran ideal dana darurat yang harus disiapkan menyesuaikan dengan tanggungan pribadi. Jika belum punya tanggungan, minimal memiliki dana darurat sebesar 6 kali penghasilan bulanan. Jika sudah punya tanggungan, sebaiknya sebesar 12 kali penghasilan bulanan atau lebih," ungkap Founder & CEO Makmur Sander Parawira.

Dengan memiliki dana darurat di tengah ketidakpastikan ini, ada banyak masalah keuangan yang bisa diatasi, apa saja?

 

1. Masalah keuangan di saat sakit

Apabila kamu atau keluarga ada yang tiba-tiba sakit, dana darurat dapat digunakan dalam situasi yang tidak dapat diprediksi seperti itu. Mengingat biaya pengobatan yang semakin tinggi, tentu dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Terlebih apabila kamu atau keluarga tidak memiliki jaminan kesehatan.

2. Menjadi cadangan keuangan di saat kehilangan pekerjaan

Banyak bisnis yang terdampak pandemi COVID-19 sehingga perusahaan terpaksa melakukan PHK. Kamu pun harus menyiapkan diri untuk menghadapi situasi yang tidak dapat diantisipasi seperti itu. Dana darurat dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sembari mencari sumber penghasilan baru jika kamu sampai terkena PHK.

 

3. Terhindar dari pinjaman online dengan bunga tidak wajar

Dana darurat juga dapat digunakan saat ada pengeluaran tidak terduga yang cukup besar, seperti memperbaiki kendaraan yang rusak atau membeli pengganti HP yang rusak. Jangan sampai kamu terpaksa berhutang atau mengambil pinjaman online dengan bunga tinggi. Dengan memiliki dana darurat, kamu bisa menutupi pengeluaran tidak terduga tersebut tanpa harus berhutang.

4. Memiliki perasaan aman saat ada musibah

Perasaan aman merupakan perasaan yang tidak ternilai harganya untuk dimiliki saat ada musibah. Dengan adanya dana darurat, seseorang bisa fokus untuk mengurus dan menyelesaikan masalah tanpa perlu khawatir dengan finansial. Lebih lanjut, dalam menyimpan dana darurat, akan lebih baik jika diinvestasikan agar nilainya tidak tergerus inflasi.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading