Sukses

Lifestyle

Cara Pintar Menabung dan Memilih Investasi yang Tepat

Fimela.com, Jakarta Menabung merupakan hal yang penting agar hidup kita dapat berlangsung dengan lancar di kemudian hari. Terlebih dalam keadaan genting seperti pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung. Keadaan yang tidak menentu ini membuat kita harus pintar dalam mengolah uang.

Selama masa pandemi berlangsung budaya investasi meningkat secara pesat. Terutama investasi daring, yang tak lama ini menjadi andalan bagi masyarakat. Melalui investasi, tidak hanya kita menyimpan uang, kita juga bisa meningkatkan uang tersebut agar memperketat proteksi keuangan.

Melalui e-commerce Tokopedia, kita dapat melakukan investasi di Tokopedia Reksa Dana dan Tokopedia emas. Peningkatan pengguna investasi tersebut selama dua sampai tiga tahun ke belakang berkembang secara signifikan. Diketahui pengguna Tokopedia Reksa Dana meningkat lebih dari 68x pada tiga tahun terakhir, serta 27x lipat pada transaksi jual beli emas melalui Tokopedia Emas. 

“Ini membuat Tokopedia berupaya #SelaluAdaSelaluBisa mempermudah masyarakat berinvestasi serta berharap dapat meningkatkan inklusi keuangan dan perekonomian digital di Indonesia,” ujar Marissa Dewi sebagai Head of Investment and Insurance Tokopedia.

Pada 20 Agustus Indonesia merayakan Hari Indonesia Menabung. Melalui hari tersebut, Tokopedia juga membagikan tips cermat dalam menabung untuk masyarakat, terutama generasi milenial. Berikut informasinya.

Sesuaikan dengan kebutuhan

Untuk memulai berinvestasi, cara yang paling tepat bagi anak muda adalah mencocokan investasi sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, memulai dengan investasi jangka pendek, sekitar 1-2 tahun. Melalui Tokopedia, Sahabat Fimela dapat memilih fitur Tokopedia Reksa Dana sebagai tempat untuk berinvestasi jangka pendek. Juga, tersedia tempat berinvestasi jangka panjang melalui fitur Tokopedia Emas.

Dalam berinvestasi, pastikan kita memilih produk investasi yang aman. Hal ini agar kita dapat terhindar dari bahaya mengancam seperti penipuan. Pilihlah tempat investasi yang sudah memiliki izin dan sertifikasi dari badan pemerintah. Untuk lebih meyakinkan, mintalah portofolio laporan investasi yang transparan.

Menentukan tujuan dan jumlah investasi

Untuk memulai investasi, kita dapat menentukan tujuan untuk mencapai sesuatu. Misalnya untuk keperluan liburan, menikah maupun tujuan lain. Melalui fitur Dana Impian di Tokopedia Reksa Dana, kita dapat menentukan tujuan kita menabung agar mempermudah penyimpanan uang.

Sebelum melakukan investasi, ada baiknya jika kita menentukan jumlah dari nominal terkecil. Hal ini akan menjadi tahap baik bagimu untuk belajar investasi secara bertahap. 

“Di Tokopedia Reksa Dana, siapa pun bisa mulai berinvestasi dengan sangat mudah mulai Rp. 10 ribu Pendaftaran juga dapat dilakukan dengan sangat cepat melalui telepon genggam,” jelas Marissa. Selain itu, pengguna Tokopedia juga dapat menabung sejumlah emas dengan fitur Pembulatan Emas saat berbelanja.

Susun jadwal menabung

Melalui fitur Langganan di Tokopedia Emas, kita bisa menyusun jadwal rutin untuk melakukan investasi. Jadwal dapat ditentukan untuk per minggu maupun per bulan. Nominal yang diberikan oleh Tokopedia juga sangat terjangkau, hanya dengan Rp. 5 ribu, kita bisa mulai berinvestasi.

Di fitur Tokopedia Reksa Dana, fitur Langganan memungkinkan kita untuk mencapai target investasi dengan menentukan nominal dan jadwal investasi sesuai kebutuhan. Nantinya, dana akan secara otomatis disalurkan kepadsa saldo Reksa Dana, di mana pengguna dapat mengubah pengaturannya kapan saja. 

 

*Penulis: Meisie Cory.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading