Sukses

Lifestyle

7 Rekomendasi Novel Teenlit dengan Cerita Menarik untuk Remaja

Fimela.com, Jakarta Ada beberapa jenis novel yang bisa dibaca sesuai dengan usia. Bagi para remaja, akan sangat cocok jika membaca novel teenlit. Istilah teenlit diambil dari singkatan Teen Literature, yaitu sebuah karya sastra yang menceritakan tentang kehidupan para remaja dan berkaitan seperti yang dirasakan remaja.

Dalam novel teenlit, berisi tentang kisah percintaan yang terjadi pada remaja, tentang persahabatan, tentang keluarga, atau tentang kehidupan sehari-hari remaja, yang dikemas dengan genre komedi, fantasi, bahkan horor dan misteri.

 

Novel teenlit ditulis dengan kalimat sederhana dan ringan, yang mudah dimengerti, menarik dibaca, dan terdapat beberapa pesan moral yang disisipkan oleh penulis. Berikut rekomendasi novel teenlit dengan cerita menarik untuk remaja, dilansir dari beberapa sumber:

Rekomendasi Novel Teenlit

1. Jingga dan Senja

Rekomendasi novel teenlit yang pertama, yaitu novel berjudul Jingga dan Senja, karya dari Esti Kinasih. Novel yang terbit ditahun 2010 ini termasuk dalam novel best seller, yang menceritakan tentang kisah 2 anak remaja yang bertemu dalam tawuran antar sekolah. Ari bertemu dengan Angga yang berasal dari musuh sekolahnya. Angga berusaha mendekati Tari yang merupakan junior di sekolah Ari, dan konflik antar para remaja itu terjadi untuk mendapatkan hati Tari.

2. Signy

Novel teenlit dengan judul Signy adalah novel karya Dhea Safira, terbitan ditahun 2019. Novel ini bercerita tentang kehidupan seorang remaja perempuan, yang bernama Signy dengan karakter kaku dan serius, yang berasal dari keluarga berkecukupan. Signy bertemu dengan Arlov, seorang remaja laki-laki yang memiliki kehidupan sangat berbeda dengannya. Signy menjalani hidup dengan sangat santai dan mendapat teguran dari Arlov.

3. Morning Light

Morning Light adalah novel teenlit karya dari Windhy Puspitadewi yang terbit ditahun 2010. Novel teenlit ini memiliki cerita yang menarik, karena mengisahkan tentang petualangan 4 remaja yang mencari jati diri, dengan cerita dan perjalanan hidup yang berbeda-beda. Dalam novel ini juga terdapat konflik tentang percintaan antar para tokoh.

Rekomendasi Novel Teenlit

4. Mariposa

Novel teenlit yang selanjutnya adalah Mariposa, karya dari Luluk HF, yang awalnya diterbitkan dalam aplikasi Wattpad, lalu dicetak menjadi buku fisik dan diadaptasi menjadi sebuah film layar lebar. Novel teenlit ini sangat menarik dan best seller, karena ceritanya tentang kisah cinta remaja yaitu Acha dan Iqbal, yang bertemu di olimpiade fisika dan kimia. Acha memiliki sifat agresif dan pindah sekolah ke tempat Iqbal. Tapi saat Acha merasa menyerah mendapatkan Iqbal, ada Juna yang mendekati Acha.

5. Antares

Novel teenlit berjudul Antares adalah karya Reinda, yang menceritakan tentang kisah para remaja geng motor Calderioz yang dipimpin oleh Antares. Novel ini juga menceritakan tentang kisah cinta Zea dan Antares, yang dipertemukan dengan sebuah konflik kecil. Zea adalah seorang gadis yang pemberani dan memiliki banyak rahasia, namun sifat Zea ini membuat Antares menjadi penasaran. Novel ini juga diangkat menjadi sebuah film web series, yang banyak diminati para remaja.

Rekomendasi Novel Teenlit

6. 3600 Detik

Novel teenlit berjudul 3600 Detik, merupakan novel karya Charon yang diterbitkan tahun 2008. Novel ini merupakan novel best seller, yang bercerita tentang keluarga yang broken home. Sandra adalah seorang remaja perempuan, yang hidupnya menjadi hancur setelah orangtuanya bercerai. Ia menjadi gadis pembangkang, untuk menyakiti hidup ibunya. Namun setelah ia bertemu dengan Leon, hidup Sandra menjadi mulai berubah baik. Ada banyak pesan moral yang terdapat dalam novel ini.

7. Kilovegram

Rekomendasi novel teenlit yang terakhir, yaitu novel dengan judul Kilovegram karya dari Mega Shofani. Dalam novel ini, mengisahkan tentang Aruna yang insecure dengan bentuk badannya, karena adanya standar kecantikan yang ditetapkan. Dari Aruna, para pembaca dapat memahami kalau standar kecantikan tidak bisa hanya dilihat dari bentuk fisik saja. Perempuan yang berkarakter dan berkualitas, tentunya akan terlihat lebih baik daripada hanya penampilan luarnya saja yang cantik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading