Sukses

Lifestyle

Meningkatkan Pendidikan Perempuan Indonesia Lewat Bintang Beasiswa 2021

Fimela.com, Jakarta Pendidikan menjadi peran penting yang bermain dalam kehidupan sempurna. Pendidikan dengan kualitas yang tinggi pastinya menghasilkan sumber daya manusia yang pandai dalam bidangnya. Namun, apa jadinya jika kualitas pendidikan di tanah air berada pada tingkat yang rendah?

Banyak faktor penunjang yang menyebabkan rendahnya tingkat pendidikan di Indonesia, terutama bagi kaum perempuan. Diketahui, angka partisipasi perempuan di perguruan tinggi Indonesia baru mencapai angka 30,85 persen. Angka tersebut masih tergolong rendah, yang membuat terjadinya ketimpangan sosial antara kaum pria dan wanita.

Hambatan ekonomi, kekerasan dalam rumah tangga, lingkungan sekolah yang kurang memadai, serta kondisi keluarga dan mental, menjadi tantangan dan hambatan bagi kaum perempuan Indonesia untuk menempuh pendidikan tinggi. Ditambah pandemi yang sedang berlangsung di tanah air, telah menghambat semua orang untuk menempuh pendidikan lebih lanjut. 

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan kaum perempuan di Indonesia, Glow and Lovely menghadirkan “Glow and Lovely Bintang Beasiswa” yang sudah berlangsung sejak 2017. Melalui beasiswa ini, Glow and Lovely mengumumkan 60 perempuan Indonesia yang berasal dari 14 provinsi yang akan menerima dukungan beasiswa penuh untuk perkuliahan. 

Dengan program ini, Glow and Lovely ingin meningkatkan pemberdayaan perempuan di Indonesia, sehingga menghasilkan perempuan yang cerdas dan tangguh dalam bidang pendidikan. Mari kita simak informasinya melalui Konferensi Pers: Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2021 (27/08).

Menuntaskan hambatan bagi kaum perempuan untuk menempuh pendidikan

Dipaparkan oleh Novi Poespita Chandra, Ph.D, seorang psikolog, peneliti serta dosen di Universitas Gajah Mada, sekaligus Co-Founder ‘Gerakan Sekolah Menyenangkan’, sebanyak 132 juta perempuan Indonesia terpaksa keluar dari sekolah akibat banyak faktor. Ini juga mengakibatkan termasuk 67,4 juta siswa sekolah menengah dan sederajat akhirnya memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikan tinggi.

Tantangan yang dialami oleh kaum perempuan ini datang dari berbagai faktor, dari tingkat kemiskinan dan ekonomi, kekerasan, lingkungan sekolah yang diskriminatif untuk perempuan dan juga, beban dari keluarga. Tidak hanya itu, masa pandemi ini telah meningkatkan dampak stres dan kecemasan pada siswa maupun mahasiswa. Kesehatan juga menjadi hambatan yang dialami oleh kaum perempuan Indonesia dalam menempuh pendidikan mereka. 

Ingin meningkatkan kualitas pendidikan kaum perempuan Indonesia, Glow and Lovely hadir untuk memberikan solusi bagi kaum perempuan yang ingin menempuh pendidikan namun terhalang oleh hambatan ekonomi sosial. Dengan visi “Every U Does Good”, Glow and Lovely ingin mengajak masyarakat untuk terus berbuat kebaikan kepada sesama. Perusahaan ingin memberikan dampak positif dan berkomitmen untuk memajukan tingkat pendidikan bagi kaum perempuan di Indonesia. 

“Sudah seharusnya perempuan itu didukung untuk bisa mendapatkan akses pendidikan tinggi. Supaya nanti bisa lebih berdaya dan pada akhirnya dapat memaksimalkan peran untuk memajukan bangsa. Sejalan dengan misi Glow and Lovely untuk mencerahkan kulit wajah dan masa depan perempuan Indonesia. Kita juga ingin memberikan dukungan yang nyata untuk mencerahkan pendidikan Indonesia dengan program ini,” ujar Imelda Scherers selaku Senior Brand Manager Glow and Lovely.

Bersama dengan Hoshizora Foundation, sampai saat ini, Glow and Lovely telah membawa 270 perempuan dari berbagai provinsi untuk menempuh pendidikan tinggi, yang disebut sebagai Adik Bintang. Adik Bintang merupakan sebutan bagi mereka yang mendapatkan Beasiswa Bintang oleh Glow and Lovely dan ditopang secara penuh untuk menempuh jenjang perkuliahan.

 

Melatih kaum perempuan menjadi cerdas dan tangguh

“Pendidikan bagi perempuan memang sangat besar sekali manfaatnya. Kita sering mendengar bahwa ‘If you educate a woman, then you educate a generation’. Pendidikan itu sendiri juga dapat berpengaruh untuk mengubah pola pikir dan penalaran perempuan. Sehingga para perempuan ini dapat hidup secara bahagia dan sehat secara fisik dan mental, atau well being, hingga menjadi manusia yang seutuhnya,’ jelas Novi Poespita Chandra.

Peran pendidikan yang memanusiakan harus menjadi hal yang dijunjung untuk mencapai keseimbangan mental dan kecerdasan emosi. Kedua hal ini akan menjadi kekuatan utama manusia pada masa depan. Tingginya pendidikan akan menghasilkan sumber daya manusia yang cerdas.

Bersama Hoshizora Foundation, Glow and Lovely mengajak para perempuan untuk meningkatkan kemampuan dan kecerdasan mereka lewat pendidikan tinggi. Glow and Lovely menyediakan dan menyokong 60 perempuan ini untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan. 

Tidak hanya membantu dalam bidang ekonomi dengan sarana perangkat, Glow and Lovely juga mengadakan penyuluhan mental bagi para Adik Bintang agar dapat menjalani perkuliahan dengan lancar serta produktif. Dengan seleksi dalam program ini, 60 perempuan dari 16.000 peserta telah mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan mereka.

Tahap seleksi yang ketat untuk penerima beasiswa

Tentu hal ini bukanlah hal yang mudah, 60 perempuan hebat ini telah mampu untuk mendapatkan beasiswa dengan segala usaha dan kerja keras mereka. Beberapa cerita berkesan pun datang dari para peserta. Dari yang tidak dapat mengakses perangkat hingga paham secara penuh untuk mengakses internet dan mengirim surel.

60 perempuan ini juga datang dari kalangan pendidikan yang berprestasi, salah satunya Andina Fitriyah Salsabilah, yang merupakan Adik Bintang dari Bintang Beasiswa 2021. Ia memiliki semangat yang tinggi untuk menempuh pendidikan hingga membawa dirinya sebagai peraih meda perak dalam olimpiade kimia nasional. Tidak hanya itu, Andina juga memiliki segudang prestasi hingga dapat membawanya menjadi salah satu dari 60 perempuan yang terpilih menjadi Adik Bintang Glow and Lovely.

 

Penulis: Meisie Cory

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading