Sukses

Lifestyle

6 Kebiasaan yang Harus Dihilangkan jika Ingin Hidup Bahagia

Fimela.com, Jakarta Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hidup bahagia, salah satunya ialah dengan menghilangkan kebiasaan buruk yang membuat hidup jadi tak menyenangkan. Beberapa kebiasaan yang harus dihilangkan ini sering terjadi pada diri kita dan tanpa sadar sering kita lakukan, baik pada diri sendiri maupun pada orang lain, yang membuat seseorang memiliki sifat beracun dan kualitas hidup yang buruk. Melansir dari laman Afam Uche, Kamis (2/9/2021) berikut 6 kebiasaan yang harus dihilangkan jika ingin hidup bahagia.

1. Membandingkan diri dengan orang lain

Membandingkan diri dengan orang lainadalah hal negatif yang paling sering kita lakukan pada diri sendiri. Membandingkan diri dengan orang lain hanya akan membawa perasaan rendah dan menganggao bahwa kehidupan orang jauh lebih baik, padahal semua orang punya kelebihan dan masalah dalam hidupnya. Sikap suka membanding-bandingkan juga akan membuat dirimu lupa untuk bersyukut atas kehidupan yang kamu miliki saat ini.

2. Keyakinan negatif

Pikiran kita adalah kunci untuk perkembangan dan peningkatan kita, pikiran yang kita konsumsi mampu meningkatkan hidup atau menghentikan pertumbuhan. Keyakinan negatif ini dapat dibangun dari asumsi, tantangan, kritik, rasa tidak aman, kecemasan, dan ketakutan akan hal yang tidak diketahui. Terus-menerus menyimpan keyakinan negatif adalah perjalanan singkat menuju ketidakbahagiaan yang akan membuatmu putus asa.

3. Butuh validasi dari orang lain

Kita sebagai manusia terus-menerus mengejar validasi dan seberkas persetujuan dari orang lain hubungan, karier, dan keadaan. Kbiasaan buruk ini memperburuk kebahagiaan dan kualitas hidup kita. Sangat menyedihkan bahwa pencarian validasi dan persetujuan telah dibangun sebagai kecanduan kebahagiaan. Dari validasi media sosial hingga persetujuan dari keadaan dan keluarga kita, semua orang ingin disukai, semua orang ingin diterima, dan terus-menerus mencari pengaruh yang dapat menyebabkan depresi dan kecemasan.

4. Fokus memenuhi harapan orang lain

Menjadi begitu peduli tentang apa yang orang lain pikirkan tentangmu, sehingga dirimu berhenti mengakui apa yang dipikirkan tentang diri sendiri demi disukai orang lain adalah cara untuk membatasi dirimu sendiri. Sangat menyedihkan bahwa banyak dari kita meniru kehidupan yang tidak otentik, kita diasingkan oleh pencarian validasi sehingga lambat laun kita juga akan kehilangan diri kita sendiri.

5. Perfeksionisme

Perfeksionisme mengatakan lakukan lebih banyak atau lakukan lebih baik, sehingga menyebakan dirimu tidak pernah puasa pada diri sendiri dan selalu merasa kurang. Perfeksionisme mengatakan Ketidaksempurnaan itu buruk, sementara kasih sayang diri mengatakan ketidaksempurnaan adalah hal manusiawi dan tidak apa-apa untuk melakukan kesalahan.

6. Tidak memaafkan diri sendiri

Kita semua membuat kesalahan pada satu titik atau yang lain dalam hidup, kita harus bisa melepaskan hasil kesalahan ini telah mengantar ke dalam hidup kita untuk mengejar kebahagiaan. Dirimu harus memaafkan diri sendiri dan belajar berdamai dengannya. Belajarlah untuk menertawakan kegagalan atau kesalahan yang pernah terjadi, dengan begitu kamu akan bisa menerima dan mencintai dirimu dengan utuh.

Kebiasaan yang harus dihilangkan lainnya ialah tidak berani menolak permintaan orang lain, berusaha menyenangkan semua orang, bergosip, banyak mengeluh, menerapkan pola hidup yang tidak sehat, narsis, tidak mengakui kesalahan, terlalu kritis pada diri sendiri dan orang dan sebagainya. Jadi, itulah beberapa kebaisaan yang harus dihilangkan jika ingin hidupmu bahagia.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading