Sukses

Lifestyle

Bukti Studi, Orang yang Rajin Bangun Pagi Tak Punya Kebiasaan Buruk Ini

Fimela.com, Jakarta Sejak dahulu mungkin kamu sudah sering mendengar petuah orang tua atau kakek nenek agar tidak sering bangun kesiangan atau tidur terlalu lama di pagi hari. Bisa jadi itu adalah nasihat yang sangat baik untuk dirimu sendiri karena ternyata ada banyak manfaat menjadi orang yang rajin bangun pagi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences menemukan bahwa orang-orang yang rajin bangun pagi hari tidak suka menunda-nunda pekerjaan. Sebaliknya, orang yang suka bangun telat dan kesiangan cenderung suka menunda-nunda pekerjaan.

Orang bangun pagi tak suka menunda-nunda pekerjaan

Penelitian mencoba melihat pengaruh ritme sirkardian (siklus tidur-bangun) terhadap kebiasaan yang muncul akibat telatnya tidur. Orang-orang yang memiliki insomnia atau kebiasaan tidur larut malam ternyata memiliki kebiasaan buruk menunda-nunda pekerjaan karena tubuhnya terasa lelah akibat kurang tidur.

Ketika orang mendapatkan waktu tidur yang cukup dan bangun di pagi hari, orang tersebut akan merasa lebih aktif beraktivitas. Manfaat lainnya yang bisa didapat ketika terbiasa bangun tidur di pagi hari adalah mendapatkan sinar matahari yang kaya vitamin D, yang diketahui juga sangat baik menjaga kesehatan fisik dan mental seseorang.

Jadi jika tak ingin punya kebiasaan menunda-nunda pekerjaan, mulailah membiasakan diri menjadi early bird atau orang yang bangun pagi ya Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

What's On Fimela
Loading