Sukses

Lifestyle

Ketahui 5 Alasan Pentingnya Memiliki Dana Darurat

Fimela.com, Jakarta Jika Sahabat Fimela berjuang untuk membayar tagihan atau menemukan diri tidak mampu menutupi pengeluaran tak terduga, maka kamu dapat mengambil manfaat dari dana darurat. Dana darurat cukup penting untuk dimiliki setiap orang, dana ini juga memiliki banyak manfaat. Dana darurat melindungimu jika terjadi masalah finansial yang tidak terduga dan dapat membantu mencegahmu berutang. Ini juga memberikan ketenangan pikiran jika kamu kehilangan pekerjaan, atau juga melakukan perbaikan rumah dan kendaraan. Nah, karena itu dana darurat begitu penting dalam kehidupanmu. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Sahabat Fimela harus memiliki dana darurat untuk mengatasi keuangan yang tidak terduga.

1. Kamu Mencoba Membayar Hutang

Dana darurat dapat membantumu berhenti menambah hutang dengan setiap masalah keuangan di kehidupan. Dana darurat dapat membantu menutupi hal-hal yang tidak kamu anggarkan, seperti perbaikan mobil atau biaya medis. Gunakan dana darurat untuk menangani peristiwa yang membuat stres dan memudahkanmu untuk tetap fokus keluar dari utang.

2. Kamu Baru Mulai Menganggarkan

Saat pertama kali memulai penganggaran, kamu mungkin secara tidak sengaja meninggalkan beberapa pengeluaran yang perlu kamu rencanakan. Dana daruratmu dapat menutupi sebagian dari pengeluaran ini pada tahun pertama dan kemudian kamu dapat menambahkan pengeluaran tersebut ke dalam anggaranmu saat muncul. Ini bisa berupa pengeluaran tahunan seperti pajak. Dana daruratmu dapat membantumu menyesuaikan dengan anggaranmu.

3. Kamu Hanya Memiliki Satu Penghasilan

Jika kamu hanya memiliki satu sumber pendapatan, penting untuk memiliki dana darurat yang cukup besar. Ini dapat membantumu melewati kehilangan pekerjaan yang tidak terduga. Jika kamu adalah keluarga berpenghasilan tunggal atau lajang, kamu harus memiliki setidaknya satu tahun pengeluaran dalam dana daruratmu. Kamu dapat membangun dana darurat yang lebih besar setelah kamu keluar dari utang. Jika kamu baru memulai berkeluarga, kamu mungkin perlu menambah dana darurat. Jika kamu lajang, usahakan untuk mengumpulkan dana darurat secepat mungkin.

4. Kamu Wiraswasta

Jika kamu wiraswasta, kontraktor independen, atau jika kamu melakukan pekerjaan yang tidak memungkinkanmu untuk mengklaim tunjangan pengangguran, penting untuk memiliki dana darurat yang baik. Selain itu, jika kamu tahu bahwa kontrakmu akan segera berakhir, kamu harus berupaya mengumpulkan lebih banyak uang untuk dana daruratmu.

5. Kamu Memiliki Rumah

Saat memiliki rumah, kamu harus membayar semua perbaikan dan perawatan yang diperlukan. Meskipun kamu harus menyiapkan dana cadangan untuk menutupi renovasi dan sebagian besar perbaikan, kamu mungkin memiliki biaya tak terduga seperti perbaikan pipa atau perbaikan AC. Dana darurat dapat membantumu menangani biaya-biaya ini.

Dana darurat pegitu penting untuk stabilitas keuangan. Terlebih lagi bagi kamu yang memiliki satu penghasilan. Ada baiknya untuk membuat dana darurat lebih besar.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading