Sukses

Lifestyle

7 Tips Pengelolaan Uang untuk Meningkatkan Keuanganmu

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela tidak memerlukan pekerjaan bergaji lebih tinggi atau rejeki nomplok untuk meningkatkan keuangan pribadimu. namun harus pintar dalam mengelola uang yang diterima.

Bagi banyak orang, pengelolaan uang yang lebih baik diperlukan untuk mengurangi pengeluaran, meningkatkan kemampuan untuk berinvestasi dan menabung, dan mencapai tujuan keuangan yang dulunya tampak mustahil.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menciptakan keuangan yang lebih baik, berikut langkah-langkahnya.

1. Lacak pengeluaran untuk meningkatkan keuanganmu

Sebaikanya lacak apa saja pengeluaran yang bisa dilakukan. Pengelolaan uang yang lebih baik dimulai dengan kesadaran belanja. 

Gunakan aplikasi pengelolaan uang untuk melacak pengeluaran di seluruh kategori, dan lihat sendiri berapa banyak yang dibelanjakan untuk hal-hal yang tidak penting seperti makan, hiburan, dan bahkan kopi setiap hari. Setelah mendidik diri sendiri tentang kebiasaan ini, kalian dapat membuat rencana untuk meningkatkannya. Jika tidak ada aplikasi bisa membuat pembukuan, agar ingat apa saja yang telah dibeli.

2. Buat anggaran bulanan yang realistis

Gunakan kebiasaan pengeluaran bulanan, serta gaji bulanan, untuk menetapkan anggaran yang tahu dapat dipertahankan. Buat anggaran yang sesuai dengan gaya hidup dan kebiasaan belanjamu.

Harus melihat anggaran sebagai cara untuk mendorong kebiasaan yang lebih baik, seperti memasak di rumah lebih sering, tetapi berikan diri kesempatan realistis untuk memenuhi anggaran ini. Itulah satu-satunya cara metode pengelolaan uang ini akan berhasil.

3. Tingkatkan tabungan

Buat dana darurat yang dapat digunakan ketika keadaan tak terduga menyerang. Sekalipun kontribusimu kecil, dana ini dapat menyelamatkan dari situasi berisiko di mana terpaksa meminjam uang dengan suku bunga tinggi atau mungkin mendapati diri tidak mampu membayar tagihan tepat waktu.

Kalian juga harus meningkatkan tabungan umum untuk memperkuat keamanan finansial jika terjadi kehilangan pekerjaan.

4. Bayar tagihan tepat waktu setiap bulan

Membayar tagihan tepat waktu adalah cara mudah untuk mengelola uang dengan bijak, dan disertai dengan manfaat luar biasa: Ini membantu menghindari biaya keterlambatan dan memprioritaskan pengeluaran penting. Riwayat pembayaran tepat waktu yang kuat juga dapat meningkatkan skor kredit dan meningkatkan suku bunga Anda.

5. Kurangi biaya berulang

Apakah berlangganan layanan yang tidak pernah di gunakan? Sangat mudah untuk melupakan langganan bulanan ke layanan streaming dan aplikasi seluler yang membebani rekening bank bahkan saat tidak menggunakan layanan ini secara rutin.

Tinjau pengeluaran untuk tagihan seperti ini, dan pertimbangkan untuk membatalkan langganan yang tidak perlu untuk menyimpan lebih banyak uang setiap bulan.

6. Simpan uang tunai untuk membeli pembelian besar

Jenis pinjaman dan utang tertentu dapat membantu saat melakukan pembelian besar, seperti rumah atau bahkan mobil. Tetapi untuk pembelian besar lainnya, uang tunai menawarkan opsi pembelian teraman dan termurah.

Saat membeli secara tunai, menghindari menghasilkan bunga dan menciptakan utang yang membutuhkan waktu berbulan-bulan atau, sering kali, bertahun-tahun untuk membayar kembali. Sementara itu, uang yang disimpan itu dapat disimpan di rekening bank dan mengumpulkan bunga yang dapat digunakan untuk pembelian.

7. Mulai strategi investasi

Bahkan jika kemampuan untuk berinvestasi terbatas, kontribusi kecil ke akun investasi dapat membantu menggunakan uang yang diperoleh untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan.

Pertimbangkan untuk membuka rekening pensiun atau rekening investasi lainnya.

Jalan menuju keuangan yang lebih baik dimulai dengan mengubah kebiasaan diri sendiri. Beberapa dari perubahan ini akan lebih mudah daripada yang lain, tetapi jika tetap berkomitmen pada transformasi ini, akan mendapatkan keterampilan pengelolaan uang yang hebat yang akan membantu sepanjang hidupmu.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading