Sukses

Lifestyle

Kasur Atlet Olimpiade Tokyo 2020 Digunakan Kembali oleh Pasien COVID-19

Fimela.com, Jakarta Masih ingat dengan kasur kardus di Olimpiade Tokyo 2020? Ya! Kasur ramah lingkungan ini digunakan oleh para atlet selama bertanding di Olimpiade Tokyo 2020.

Setelah perhelatan olahraga dunia itu selesai, tidak lantas membuat kasur kardus ini dibuang. Melainkan digunakan kembali oleh pasien COVID-19 di Jepang.

Dikutip dari Vice World News, Gubernur Osaka Hirofumi Yoshimura menyebut bahwa kasur kardus tersebut akan dipasang kembali di fasilitas sementara untuk merawat pasien COVID-19. Sebanyak 800 kasur dengan kualitas tinggi itu akan dipindahkan.

Kasur khas Olimpiade Tokyo 2020 menjadi viral di media sosial karena bahannya yang terbuat dari kasur. Banyak pihak yang mempertanyakan kekokohan kasur ini sebagai tempat beristirahatnya para atlet.

 

Rancangan kasur yang kokoh

Namun, ranjang produksi Airweave ini memang dirancang khusus untuk meningkatkan kualitas tidur. Kasur ini dapat disesuaikan dengan bentuk tubuh masing-masing atlet.

Perwakilan Airweave, Takaoka, menyebut bahwa perusahaan pernah mempertimbangkan untuk menggunakan kasur kardus ini ke rumah sakit ketika pandemi dimulai.

"Begitu kami tahu Olimpiade akan ditunda satu tahun, kami pikir kami bisa menggunakan tempat tidur untuk tujuan yang lebih mendesak," katanya.

Dampak pandemi di Jepang rupanya tidak pernah dalam kondisi berebut tempat tidur di rumah sakit. Kini, tempat tidur ini bisa digunakan di fasilitas kesehatan untuk penanganan COVID-19 di Jepang.

 

Disumbangkan kepada yang membutuhkan

Perusahaan menyediakan 18 ribu kasur untuk Olimpiade yang berakhir bulan lalu, dan 8 ribu tempat tidur untuk Paralimpiade yang berakhir minggu lalu. Sebelumnya, perusahaan mengatakan akan menyumbangkan bingkai dengan tujuan menciptakan "masyarakat lebih berkelanjutan."

Sepuluh ribu set kasur dan bantal yang digunakan dalam acara olahraga musim panas itu akan disumbangkan ke Lembaga Pendidikan Pemuda Nasional Jepang yang mengelola fasilitas pendidikan pemuda secara nasional. Kasur dan rangka tempat tidur yang tersisa akan disumbangkan ke pemerintah daerah dan perusahaan kereta api untuk digunakan di kamar tidur kru dan rumah kelompok anak mereka.

Seprai dan sarung bantalnya akan disumbangkan ke perusahaan rehabilitasi Tokyo. Mereka akan mendaur ulangnya jadi pakaian kerja bagi penyandang disabilitas.

Simak video berikut ini

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading