Sukses

Lifestyle

5 Cara agar Tidak Menjadi Orang yang Toxic

Fimela.com, Jakarta Kita mungkin sering tak sadar bahwa kata-kata kita bisa saja menyakiti orang lain, atau tindakan kita mungkin membuat orang lain tersinggung. Atau bahkan, tanpa kita sadari kita telah menjadi orang yang toxic bagi orang lain.

Orang yang toxic atau beracun biasanya tidak pernah memiliki hal positif dalam hidupnya untuk dibicarakan, baik dengan orang lain atau dengan dirinya sendiri. Orang yang toxic selalu melihat segalanya dari sisi negatif, sehingga mereka dihindari dalam pergaulan karena sikapnya yang menyebalkan.

Agar tidak menjadi orang yang tocix berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

1. Kenali dirimu sendiri

Cara ini memang tidak pasti akan menghindarimu menjadi orang yang toxic, tetapi setidaknya ini membantumu untuk memperbaiki diri. Cari tahu tujuan hidupmu, apa kelebihan dan kekuranganmu. Dengan begitu, kamu akan tahu, apa hal-hal yang harus diperbaiki ke depannya.

2. Belajar menerima kritik

Tidak ada orang yang suka dikritik, tapi jika kamu tidak belajar mendengar masukan orang lain, kamu tak akan maju dan berkembang. Menerima kritik juga salah satu bentuk kedewasaan. Daripada emosi saat dikritik orang lain, lebih baik instropeksi dirimu dan benahi apa yang perlu diperbaiki.

3. Belajar berpikir positif

Saat menghadapi masalah atau sedang emosi, sulit untuk membuat diri kita melakukan hal yang positif. Keinginan untuk meluapkan emosi melalui kata atau tindakan kasar sering kita lakukan. Jadi, latih dirimu untuk berpikir positif, misalnya dengan menenangkan diri dan memikirkan hal-hal baik yang terjadi dalam hidup kita.

4. Berpikir sebelum bertindak

Kita sering gegabah dan tak berpikir panjang saat membuat keputusan biasanya karena terpancing emosi. Mulai sekarang latih dirimu untuk selalu berpikir sebelum bertindak. Tanpa kita sadari tindakan atau perkataan kita bisa saja menyakiti orang lain. Jadi, latihlah dirimu untuk merenung sebelum bertindak, pikirkan apakah tindakanmu menyenangkan bagi orang lain atau sebalinya, apakah merugikan orang lain atau tidak.

5. Berteman dengan orang positif

Dikelilingi dengan orang yang punya aura positif akan membawa kebahagiaan. loh. Hidup akan terasa lebih bersemangat dan menyenangkan. Buatlah perjalanan hidup berisi cerita persahabatan yang sehat, karena masa mudamu adalah saatnya untuk berubah menjadi lebih baik bersama orang-orang tersayang.

Bagaimana, Sahabat Fimela, apakah cara-cara tersebut sudah kamu lakukan agar tidak menjadi orang yang toxic?

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading