Sukses

Lifestyle

Mengenal Pengertian Toxic dan Ciri-Ciri Orang Toxic yang Harus Dihindari

Fimela.com, Jakarta Di zaman sekarang, sering kali kita mendengar istilah toxic baik di media sosial maupun di lingkungan tempat tinggal. Istilah toxic ini berasal dari kata bahasa Inggris yang memiliki arti racun.

Sama seperti racun, orang yang toxic bisa mengganggu kehidupan orang lain, membuat orang lain tersakiti dan bisa merugikan orang lain, baik secara emosional maupun secara fisik.

Secara umum, seseorang bisa dikatakan sebagai orang yang toxic, kalau orang tersebut membawa pengaruh buruk atau negatif di dalam lingkungan sosial atau media sosial, yang membuat orang lain menjadi tidak nyaman.

Sebelum menyebut orang lain sebagai orang yang toxic, ada baiknya kamu mempelajari ciri-ciri orang toxic yang akan kita bahas pada artikel berikut ini, yang dilansir dari Merdeka.com:

Pengertian Toxic

Orang toxic atau orang yang beracun, memiliki kepribadian yang terkenal menyusahkan dan memberikan dampak negatif pada orang sekitar. Bahkan bisa saja kita sendiri memiliki sifat toxic. Sehingga kita perlu mengenali lebih dalam mengenali sifat toxic.

Biasanya seseorang yang memiliki sifat toxic ini, merupakan orang yang susah merasakan kebahagiaan, suka memandang orang lain memiliki sifat yang buruk, hidupnya penuh dengan kecurigaan, suka mengeluh dan hidupnya jarang merasakan kepuasan.

Sifat toxic yang dimiliki seseorang bisa menular ke orang lainnya. Karen sifat toxic ini bisa merusak suasana yang menyenangkan menjadi suasana yang tidak menyenangkan. Baik dalam perbuatan maupun ucapan yang dilakukan orang toxic, bisa membuatmu merasakan sakit hati dan kelelahan secara fisik maupun emosional.

Memiliki Sifat Egois

Ciri-ciri pertama orang yang toxic ini, biasanya ditandai dengan memiliki sifat yang egois, atau senang melakukan hal yang membuat dirinya senang, tanpa memikirkan perasaan orang lain.

Sifat toxic adalah suatu kepribadian yang membuat seseorang ingin menang sendiri. Orang toxic adalah orang yang egois, karena ia sering memaksakan orang lain untuk menuruti semua keinginannya

Orang yang memiliki sifat toxic ini, jarang ada ketika orang lain membutuhkan. Bahkan saat ia membantu orang lain, ia akan melakukan dengan terpaksa dan akan meminta imbalan pada orang yang sudah ia bantu.

Tidak Memiliki Empati dan Simpati

Orang yang memiliki sifat toxic terkenal sebagai seseorang yang tidak memiliki rasa empati dan simpati. Padahal dalam kehidupan sosial, sebuah pertemanan atau lingkungan yang sehat harus memiliki perasaan empati dan simpati terhadap sesama.

Orang yang memiliki sifat toxic, biasanya akan menyalahkan suatu keadaan, menghakimi teman yang terkena musibah, bahkan orang toxic akan meremehkan masalah orang lain.

Orang toxic sering kali membuat orang lain merasa lebih terpuruk. Bahkan orang toxic ini sering kali tidak mau mendengarkan cerita temannya, yang sedang mengalami kesusahan.

Tidak Mau Minta Maaf

Ciri-ciri orang toxic yang selanjutnya adalah tidak mau minta maaf. Karena pada dasarnya orang toxic memiliki sifat yang tidak mau kalah, tidak mau terlihat lemah dan tidak mau disalahkan.

Walaupun orang tersebut bersalah, orang toxic akan menganggap kesalahan tersebut disebabkan karena kesalahan orang lain. Ia akan terus menyalahkan orang yang ada disekitar dia, serta mengungkit dan memojokkan orang lain, hingga orang lain yang meminta maaf.

Sifatnya yang tidak mau meminta maaf dan suka menyalahkan orang lain, bisa disebut sebagai tindakan playing victim, yang berarti mencari perhatian dengan menuduh korban sebagai pelaku utama.

Senang Memanipulasi Orang Lain

Orang toxic terkenal memiliki sifat yang suka memanipulasi orang lain, atau mengontrol orang lain, agar orang lain menuruti atau melakukan hal yang ia inginkan.

Orang toxic bisa membohongi orang lain, dengan mengucapkan sejuta alasan agar orang lain percaya, dan membuat orang lain merasa berhutang budi padanya.

Jika orang toxic ini berhasil memanipulasi temannya, dan membuat orang lain menuruti segala keinginannya, ia tidak segan untuk melakukan perbuatannya lagi, agar orang lain menuruti keinginannya yang lainnya.

Suka Merendahkan Orang Lain

Ciri-ciri terakhir orang toxic yang harus dihindari adalah suka merendahkan orang lain. Ia tidak akan peduli dengan kesuksesan atau keberhasilan temannya. Ia akan terus meremehkan orang lain, hingga membuatmu kesal dan merasa tidak percaya diri.

Secara tidak langsung, sifatnya yang suka merendahkan orang lain ini, menunjukkan bahwa orang toxic memiliki sifat yang suka iri terhadap orang lain. Ia juga suka membanding-bandingkan orang lain dengan dirinya sendiri.

Orang toxic akan selalu berusaha untuk menjatuhkan semangat orang lain, dengan kata-kata negatif. Contohnya kalau kamu sudah berhasil turun berat badan, orang toxic akan menghinamu dengan kalimat “perut kamu masih terlihat buncit.”

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Rekomendasi Buku Ensiklopedia untuk Anak yang Wajib di Baca
Artikel Selanjutnya
5 Penyebab Karang Gigi Menumpuk yang Sulit Dibersihkan