Sukses

Lifestyle

Bantu Tingkatkan Pemberdayaan Perempuan di Indonesia dengan Inisiatif Bisnis di Bidang Kuliner

Fimela.com, Jakarta Demi memulihkan perekonomian Indonesia, segala cara pun digiatkan baik dari pihak pemerintah maupun masyarakat. Pandemi yang telah berlangsung hampir dua tahun ini, tentu berdampak kepada pemilik-pemilik usaha di tanah air. Tak terkecuali kepada pemilik bisnis kuliner, terutama para perempuan. 

Untuk mendukung perekonomian Indonesia sekaligus meningkatkan pemberdayaan perempuan di Indonesia, Sunlight berkolaborasi dengan Tokopedia menghadirkan Festival Foodpreneur Bersinar. Festival ini diadakan untuk mendukung dan menginspirasi perempuan Indonesia. Dukungan ini diharapkan dapat terus mengoptimalkan mimpi para perempuan untuk berbisnis di bidang kuliner. 

“Selama 30 tahun bahkan lebih Sunlight telah hadir di masyarakat Indonesia mendukung jutaan perempuan Indonesia untuk terus menggali potensi nya. Karena Sunlight selalu percaya bahwa perempuan Indonesia selalu bisa lebih, dan kesempatan ini sangat ingin menginspirasi perempuan Indonesia untuk mengoptimalkan potensi yang dimilikinya melalui Festival Foodpreneur Bersinar untuk dapat mendukung ekonomi keluarga mereka juga,” ujar Anggya Kumala selaku Head of Dishwash Category, Unilever dalam Virtual Press Conference Sunlight x Tokopedia: Festival Foodpreneur Bersinar, Jumar (17/09).

Bersama dengan Amartha, Sunlight dan Tokopedia juga turut menghadirkan pendampingan khusus dengan program digitalisasi bagi para UMKM yang berfokus dalam bisnis online. Inisiatif ini diharapkan dapat membantu para perempuan Indonesia untuk menggali potensi mereka secara lebih melalui bisnis di bidang kuliner. 

“Ketika melihat usaha-usaha kuliner, kita sering bertemu para perempuan di belakangnya. Maka dari itu, Pemerintah turut mendukung dan mendorong para perempuan agar lebih maju lagi. Salah satu prioritas atau arahan dari Presiden kepada kami, di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak adalah mendorong kewirausahaan perempuan agar terus bisa maju dan juga memberikan kontribusi yang lebih banyak kepada bangsa dan negara ini,” terang Indra Gunawan selaku Plt. Deputi Menteri KPPPA Bidang Partisipasi Masyarakat.

Melihat potensi bisnis kuliner yang digerakkan, yaitu sebanyak 10 juta bisnis UMKM yang dijalankan oleh perempuan, Sunlight yakin para perempuan pejuang bisnis dapat memberikan yang terbaik bagi Indonesia. Berkolaborasi dengan Tokopedia, Sunlight pun menghadirkan edisi “Bangga UMKM” yang akan hadir di akhir September mendatang. 

Kolaborasi untuk majukan bisnis kuliner lokal Indonesia

Sudah berjalan dari Juli lalu, Festival Foodpreneur Bersinar merupakan wujud nyata dari Sunlight untuk mewujudkan tujuan mulianya untuk selalu menginspirasi para UMKM yang tersebar di Indonesia. Bersamaan dengan Tokopedia yang merupakan wadah untuk para UMKM berbisnis, beserta Amartha yang memberikan pelatihan dan pendampingan digital untuk para pemilik usaha. 

“Kami merasa sangat senang, bisa menjadi bagian dari inisiatif ini. Karena Tokopedia sendiri kan membuka peluang kerja sama juga dengan mitra strategis yang juga memiliki visi dan misi yang sama, yaitu mencapai perekonomian digital Indonesia. Maka dari itu, melalui kolaborasi dengan Sunlight, Tokopedia ingin berkomitmen lebih untuk dapat mewadahi para pegiat UMKM, termasuk perempuan pegiat bisnis lokal yang menggeluti bidang kuliner,” ujar Pranidhana Mahardhika selaku Head of Category Development (FMCG) Tokopedia. 

Turut menyukseskan festival ini, Amartha juga ikut andil dalam kolaborasi Sunlight dan Tokopedia. Berfokus kepada ekonomi serta pemberdayaan perempuan, Amartha ingin selalu memberi dukungan dan pendampingan kepada para pengusaha UMKM. 

“Salah satu komitmen yang kami langsungkan yaitu melalui program intervensi dan juga mentorship bagi para perempuan pegiat usaha. Dengan pelatihan bisnis dengan pendampingan  digitalisasi, kita harap mereka bisa merambah ke bisnis online dan juga membantu mereka bertransformasi ke digital, sekaligus memperluas akses pasar” ujar Aria Widyanto selaku Director and Chief Risk and Sustainabilty Officer Amartha.

Menjadi brand pembersih alat masak dan makan, Sunlight bersama Tokopedia akan merilis edisi khusus untuk mendukung UMKM. Edisi Sunlight “Bangga UMKM” akan hadir di Tokopedia di akhir bulan September. Dengan membeli produk ini, kita juga akan memberi dukungan kepada UMKM yang berniaga di Tokopedia. 

 

Penulis: Meisie Cory

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Viral UMKM Frozen Food Terancam Denda Rp4 M Gegara Jual Makanan Tanpa Izin BPOM
Artikel Selanjutnya
Diary Fimela: Bukti Passion dan Bisnis Bisa Beriringan, Cerita di Balik Kreator Konten Bellinda Putri Miliki Brand Skincare Sendiri