Sukses

Lifestyle

Pemprov DKI Pasang Tugu Sepatu untuk Mempercantik Jakarta

Fimela.com, Jakarta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membangun tugu sepatu di pinggir Jalan Sudirman. Instalasi sepatu raksasa itu terletak di dekat Stasiun Sudirman BNI City, Jakarta Pusat.

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menjelaskan bahwa tugu sepatu tersebut merupakan hasil kolaborasi dengan pelaku ekonomi kreatif. Salah satunya, PT Jakarta Tourisindo (Jaktour).

Riza mengatakan tugu sepatu itu dibangun demi memperindah sudut kota Jakarta serta memperkenalkan produk-produk lokal kepada masyarakat. Dia pun menjelaskan bahwa hal yang sama kerap dilakukan oleh negara-negara besar di dunia, seperti Arab Saudi yang membangun tugu sepeda.

"Kita ingin mempercantik Kota Jakarta, di antaranya dengan tugu sepatu. Itu hasil kolaborasi. Itu tanyakan sama Jaktour ya detailnya," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (16/9/2021), dikutip Liputan6.com.

"Artinya kita menghiasi kota agar menarik, supaya setara kota-kota di dunia. Kan bisa, kalian keliling dunia coba di cek di google di setiap negara, di setiap kota kan ada produk menarik yang menarik perhatian, bisa selfie di situ, dan lain sebagainya," kata Riza.

Ada QR Code Berisi Surat Terbuka

Instalasi sepatu raksasa yang didominasi warna putih tersebut diletakkan di atas sebuah benda yang mirip dengan panggung berwarna biru.

Terdapat beberapa tulisan di panggung sepatu raksasa tersebut, antara lain "Kolaborasi Untuk Kemajuan", "a city of collaboration", dan "xpresi.sepatucompass.com". Juga terdapat QR code yang ketika dipindai berisi surat terbuka untuk para pejuang industri kreatif di Indonesia.

Surat terbuka tersebut menjelaskan bahwa instalasi sepatu raksasa di tengah-tengah Ibu Kota itu merupakan bagian dari Festival Kolaborasi Jakarta.

Instalasi Sepatu akan Dipasang di Dua Titik Lainnya

Selain di Kawasan Sudirman, Instalasi sepatu akan dipasang di dua titik lainnya, yaitu Lapangan Banteng dan Alun-alun Velodrome. Dikabarkan, instalasi ini akan dipasang pada 17-26 September 2021.

Plt Dinas Pariwisata dan ekonomi Kreatif DKI Jakarta Gumilar Ekalaya menuturkan instalasi sepatu ini penanda dimulainya rangkaian acara Festival Kolaborasi Jakarta 2021. Dia memastikan pembangunan instalasi di luar APBD DKI.

Melalui kegiatan ini, Gumilar berharap pemulihan ekonomi nasional pasapandemi Covid-19 segera terwujud. Sekaligus, memotivasi masyarakat dalam membuat gerakan kolaborasi lebih besar.

 

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Kasus Baru Covid-19 Bertambah 915 Orang, DKI Terbanyak
Artikel Selanjutnya
Anies Baswedan Sampaikan Kabar Baik, Jakarta 0 Kematian Akibat Covid-19 Selama 24 Jam