Sukses

Lifestyle

4 Museum di Jogja yang Bisa Dikunjungi Secara Online jadi Opsi Destinasi Liburan Virtual

Fimela.com, Jakarta Sebelum pandemi COVID-19 terjadi, salah satu agenda sekolah yang tak boleh terlewat sepanjang tahunnya untuk para siswa yakni berkunjung ke museum. Selain bisa dijadikan tempat rekreasi, museum bisa juga menjadi sarana edukasi bagi anak-anak. 

Banyak museum yang tak kehabisan akal agar masyarakat luas tetap bisa menikmati koleksi museum, yakni dengan menyediakan fasilitas virtual tour atau kunjungan virtual di dalam museum. 

Tak hanya pelajar, keluarga juga bisa menikmati ‘liburan’ virtual dengan mengunjungi museum. Dengan melakukan hal ini, kamu tak perlu khawatir untuk bisa liburan, karena tak harus keluar rumah dan berkerumun. 

Saat ini sudah banyak wisata di Indonesia yang menyediakan fasilitas virtual tour, di antaranya museum-museum yang ada di Yogyakarta. Fasilitas tersebut dimanfaatkan pengelola museum Yogyakarta untuk menarik minat wisatawan berkunjung dan menikmati koleksi museum. 

Melansir dari Liputan6.com, Rabu (22/9), berikut 4 museum di Jogja yang bisa kamu kunjungi secara virtual. 

Museum Benteng Vredeburg

Kondisi pandemi dan pemberlakuan PPKM membuat pengelola Museum Benteng Vredeburg harus memutar otak agar masyarakat tetap dapat menikmati museum ini. Dalam hal ini, pengelola museum bersama dengan kementerian terkait akhirnya membangun fasilitas kunjungan virtual Museum Vredeburg. 

Museum Benteng Vredeburg memiliki banyak koleksi sejarah, antara lain, empat ruangan diorama yang menggambarkan sejarah panjang Indonesia, mulai dari perang Diponegoro hingga masa Orde Baru.

Kunjungan virtual ini dibuka untuk umum secara gratis selama 24 jam dari Senin hingga Minggu. Dengan dilengkapi view 360 derajat, denah, foto koleksi yang dilengkapi keterangan sejarah, serta juga dilengkapi game edukatif sehingga pengunjung tidak bosan. Tertarik? Bisa langsung akses melalui https://virtualtourvredeburg.id/  

Museum Sonobudoyo

Museum yang terletak di tepi Alun-Alun Utara Yogyakarta ini merupakan museum sejarah kebudayaan Jawa yang menyimpan koleksi mengenai budaya dan sejarah Jawa yang cukup lengkap. 

Selama PPKM, kamu dapat mengunjungi museum Sonobudoyo secara vritual dan gratis. Penyajian kunjungan virtual museum ini juga tak kalah menarik, karena dilengkapi dengan view 360 derajat. 

Meski tak mencantumkan keterangan koleksinya secara detail, tetapi ada fitur backsound yang dapat kamu nyalakan sehingga suasana berkunjung langsung tetap terasa. Untuk berkunjung secara virtual, kamu bisa mengakses https://jogja360.net/museum/03/2021/virtual-tour-museum-sonobudoyo/ 

Museum Affandi

Museum ini sangat cocok bagi kamu para pecinta seni, terutama seni lukis. Museum Affandi membuka kunjungan virtual yang diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia. 

Saat ini, museum ini dapat dinikmati di mana pun kamu berada dengan menggunakan smartphone atau PC. dengan view 360 derajat, kamu dapat melihat kemegahan galeri seni maestro Affandi yang digambarkan secara real. 

Kunjungan virtual ini menyajikan gambar-gambar koleksi yang ada di museum disertai keterangannya secara rinci dan interaktif, sehingga akan terasa seperti mengunjungi museum seni ini secara langsung. Jangan khawatir, kunjungan virtual museum seni ini digelar tanpa memungut biaya, kok. 

Jika kamu tertarik, kamu bisa mengakses https://www.360indonesia.id/gallery-nasional-affandi/  

Museum Sandi Negara

Museum yang terakhir ini merupakan museum kriptologi satu-satunya di Indonesia. Perlu diketahui, museum ini didirikand engan tujuan sebagai salah satu bentuk media penanaman nilai patriotisme. 

Museum ini berdiri atas prakarsa bersama antara Kepala Lembaga Sandi Negara RI, Mayjen TNI Nachrowi Ramli dengan Sri Sultan Hamengku Buwono X pada 2006 lalu. 

Selain menghadirkan koleksi museum dengan detail, pengunjung juga bisa belajar membuat sandi sederhana. Museum ini dapat dikunjungi secara virtual tanpa memungut biaya sepeser pun. Untuk berkunjung, kamu bisa langsung mengakses https://jogja360.net/museum/03/2021/virtual-tour-museum-sandi/ 

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading