Sukses

Lifestyle

Polwan Cantik Berprestasi, Mesya Ananda Diterima 7 Universitas di Inggris

Fimela.com, Jakarta Di tengah sibuknya aktivitas sebagai polwan, namun kisah Mesya Andanda sangatlah menjadi inspirasi. Pasalnya, lulusan Akpol ini diterima di tujuh perguruan tinggi di Inggris.Ia juga tak segan-segan membagikan tips diterima di sejumlah universitas tersebut pada akun Instagram miliknya. 

Rupanya, hal ini adalah cita-cita dari sang polwan cantik, Mesya Ananda. Ia bercerita jika sejak kecil sudah memiliki impian untuk berkuliah di luar negeri. Dari kecil bercita-cita mau kuliah S2 di luar negeri dengan beasiswa, tidak mau merepotkan orangtua," ujar Mesya. 

Ia memulai pendidikan taruna kepolisian sejak 2016 dan lulus pada 2020. Prestasinya sangat membuat ia beryukur. Bahkan kesempatan yang ia dapatkan adalah hasil usahanya berkompetisi mendapatkan beasiswa LPDP. 

Fokus persiapan

Ia mulai belajar dan persiapan awal dari pendidikan bahasa di Sekolah Bahasa (Sebasa) Polri dari September hingga November 2020. Sebasa merupakan sekolah pelatihan pengembangan kemampuan bahasa dengan masa pendidikan selama 3 bulan. "Saya kebetulan masuk ranking 5 terbaik dan dibiayai tes untuk IELTS gratis. Akhirnya saya memperoleh nilai keseluruhan untuk tes IELTS 7.5 dan menjadi lulusan terbaik Sebasa 2020," ujar Mesya.

 

Sempat ditolak sejumlah universitas

Mesya memiliki minat pada jurusan Human Resource Managemet (Manajemen SDM) dan Policing. Sehingga ia menaftarkan diri ke sejumlah universitas. ada 7 universitas yang menyatakan menerimanya sebagai calon mahasiswa. Ketujuh universitas itu adalah University College London (UCL), University of Glasgow, University of York, University of Leeds, University of Exeter, The University of Sheffeld, dan Lancester University.  

"Tidak semua berjalan mulus, ada beberapa (universitas) yang menolak saya, dengan beragam alasan karena saya belum memiliki pengalaman pekerjaan di bidang ilmu tersebut," ujar Mesya. 

Penolakan itu tidak membuatnya putus asa. Ia tetap berusaha mendaftar di beberapa universitas lainnya. "Di saat-saat terakhir, saya nekat daftar ke University College London (UCL), universitas ranking 9 di dunia bahkan lebih tinggi rankingnya dari universitas yang pernah menolak saya. Dan ternyata saya dinyatakan lulus di UCL," kata dia.

 

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Kisah Briptu Windy, Polwan Polda NTT Pertama yang Jadi Pasukan Khusus PBB