Sukses

Lifestyle

Waspadai Demotivasi, Kehilangan Motivasi Kerja Selama Pandemi

Fimela.com, Jakarta Selama kurang lebih 1,5 tahun pandemi, pernahkah kamu merasa kehilangan gairah kerja? Tidak ada rasa semangat dan tidak tahu bagaimana cara membuat diri menjadi lebih bersemangat.

Ketika kamu merasakan kondisi ini, kemungkinan besar kamu mengalami demotivasi. Graheta Rara Purwasono, M.Psi., Psikolog, konselor aplikasi konseling karyawan Riliv menjelaskan kalau demotivasi adalah keadaan ketika kamu kehilangan semangat untuk melakukan sesuatu.

Kondisi ini menyebabkan segala aktivitas dan pekerjaan yang harus kamu lakukan menjadi terhambat. Dampaknya, membuat produktivitas dan performa kerja menurun.

Penyebab munculnya demotivasi pada setiap orang berbeda-beda. Demotivasi tidak terjadi tanpa alasan. Meski sulit untuk bangkit dari demotivasi namun masalah ini tetap bisa diatasi.

 

Cara mengatasi demotivasi kerja

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi demotivasi kerja selama pandemi.

1. Cari tahu penyebabnya

Cara pertama mengatasi demotivasi adalah dengan mencari tahu sumber penyebab yang membuatmu merasa demotivasi. Apakah karena terlalu sering lembur dan beban kerja yang luarbiasa besar? Atau mungkin penyebab karena merasa tidak nyaman dengan rekan kerja dan atasan? Coba tanyakan kepada diri sendiri apa yang membuatmu tidak semangat kerja.

2. Isi ulang energi Anda dengan cara yang tepat

Kapan terakhir kali kamu beristirahat? Kurang istirahat atau tidak pernah me-time menjadi salah satu penyebab mengalami demotivasi. Jangan ragu untuk memanjakan dan mengizinkan diri untuk recharge energi setiap harinya selama 30 menit sampai 1 jam. Isi ulang tenaga dengan melakukan aktivitas yang disukai misalnya dengan berolahraga, menonton film, atau mungkin mengobrol bersama teman atau pasangan.

 

3. Cari suasana baru

Menata ulang tempat kerja juga menjadi cara mengatasi demotivasi. Selain itu, tata letak yang baru bisa menciptakan suasana baru. Dampaknya, membuat mood dan semangat kerja menjadi lebih baik.

4. Tanyakan kepada diri sendiri, apa tujuan bekerja

Coba ingat-ingat alasan kamu bekerja hari ini. Apakah untuk membiayai diri sendiri dan keluarga? Atau karena punya cita-cita tertentu yang ingin dicapai dari pekerjaan ini? Dengan mengingat kembali tujuan kamu bekerja dan perjuangan yang harus dilalui untuk mendapatkan posisi atau pekerjaan, ini semua bisa membuat kamu kembali semangat kerja.

Simak video berikut ini

#elevate women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Kurang Motivasi ketika Menyusun Skripsi? Jangan-jangan Kamu Demotivasi