Sukses

Lifestyle

Lestarikan Batik dengan Kreasi Video Pendek di Hari Batik Nasional

Fimela.com, Jakarta Sejak ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO, batik menjadi peradaban dunia yang dititipkan melalui Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Bram Kushardjanto, pengusaha sosial-budaya dan pekerja budaya dalam sebuah workshop yang diselenggarakan oleh SnackVideo.

"Knowledge itu yang membuat batik diakui UNESCO sebagai peradaban dunia. Batik itu menjadi titipan Indonesia. jadi tanggung jawab untuk melestarikan batik adalah tanggung jawab kita bersama," kata Bram Kushardjanto.

Melestarikan pengetahuan soal batik bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Mulai dari memadukannya dengan tren kekinian hingga dijadikan sebagai ide kreasi video pendek yang kini banyak dibuat oleh masyarakat Indonesia. Tidak sedikit video pendek tersebut menjadi viral dan dikenal oleh orang banyak.

Dengan konsep serupa, batik diharapkan bisa dijadikan ide dasar video pendek sebagai upaya pelestarikan warisan budaya dengan cara yang modern.

 

Berbagi tren positif lewat video pendek

"Kami meluncurkan program Snack Mencari Duta Batik yang mengajak para kreator untuk membagikan konten positif dan inspiratif mengenai batik. Kami harap, para kreator dapat membangkitkan semangat masyarakat Indonesia untuk merayakan keberagaman budaya Indonesia," ungkap Kooswardini Wulandari, Regional Communication Manager Kuaishou Technology.

Dalam sesi workshop tersebut, Aries Lukman, konten kreator, menjelaskan tips dan trik untuk membuat video pendek dengan menggunakan smartphone. Menurutnya, perkembangan digital saat ini membuat aplikasi media sosial dapat memberikan kemudahan dalam pembuatan video yang menarik.

Aplikasi yang kini terus berkembang juga memberikan kesempatan bagi para pemula untuk belajar lebih dalam menghasilkan karya yang lebih otentik.

Simak video berikut ini

#elevate women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Makin Mendunia, Batik Tampil di Billboard Time Square New York
Artikel Selanjutnya
Kontroversi Miss World 2021 Malaysia Klaim Batik dari Negaranya