Sukses

Lifestyle

Mengatur Prioritas Keuangan Perlu Dilakukan sejak Dini

Fimela.com, Jakarta Setiap harinya kita berurusan dengan uang. Menghasilkan uang hingga mengatur uang menjadi bagian tak terpisahkan dari keseharian kita. Bahkan masing-masing dari kita punya cara tersendiri dalam memaknai uang. Dalam tulisan kali ini, Sahabat Fimela berbagi sudut pandang tentang uang yang diikutsertakan dalam Aku dan Uang: Berbagi Kisah tentang Suka Duka Mengatur Keuangan. Selengkapnya, yuk langsung simak di sini.

***

Oleh: Meidahlia Nur Agung

Tidak banyak cerita mengenai cara mengelola uang versi diriku. Uang memang bukan segalanya tapi untuk memenuhi kebutuhan hidup kita butuh uang sebagai alat tukar.

Pertama dibicarakan sebelum cara mengelola uang tentu dari mana sumber uang didapatkan. Saya pribadi mendapatkan pemasukan dari orang tua.

Bagaimana cara mengelola keuangan versi diriku dengan sumber dari orang tua. Pertama buat prioritas urutan kebutuhan, yang pasti kebutuhan utama seperti pangan, sembako, biaya sewa kost, baru yang lainnya. Jika ada sisa, ditabung untuk dana darurat sebagian ditabung untuk membeli barang yang diinginkan.

Belajar bagaimana mengelola uang, belajar bagaimana mengelola nafsu, belajar bagaimana cara memilih skala prioritas dan non prioritas. Semua butuh proses dan pembelajaran dari hidup.

Untuk mendapatkan pemasukan tidak hanya dari orang tua. Daku coba buat jual jasa. Jasa yang daku tawarkan sebagai jasa titip pembelian barang. Tidak banyak keuntungan tapi lumayan. Lumayan mendapatkan pengalaman, bagaimana menghadapi pelanggan, bagaimana mengelola waktu, bagaimana mengelola online shop, bagaimana cara packing, dll.

Seperti itu cerita singkat saya. Mungkin belum banyak menginspirasi orang tapi saya coba untuk sharing pada teman-teman.

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Pengumuman Pemenang Share Your Stories: Aku dan Uang