Sukses

Lifestyle

7 Fakta Unik Psikologi yang Membantumu Memahami Diri Sendiri

Fimela.com, Jakarta Psikologi adalah ilmu yang membahas tentang bagaimana perilaku individu dan apa yang memengaruhinya. Tanpa kita sadari, ternyata beberapa faktor psikologi ternyata bisa memengaruhi tingkah laku dan perasaan kita sehari-hari.

Seperti yang dilansir dari laman Facts.net, berikut ini beberapa fakta menarik tentang psikologi yang dapat membantu kita memahami diri sendiri.

1. Hal yang kamu pikirkan berperngaruh pada tubuh

Apa pun yang pikirkan memiliki reaksi yang akan berpengaruh pada sel-sel tubuh kita. Inilah alasan mengapa banyak memikirkan hal yang negatif dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh dan membuat kita tidak sehat.

2. Sarkasme adalah tanda otak yang sehat

Orang yang bisa langsung menggunakan sarkasme dalam menanggapi pertanyaan sepele memiliki pikiran yang sehat. Apalagi mereka yang bisa memahami sinisme dengan baik juga pandai membaca pikiran orang lain.

3. Ingatan mudah dimanipulasi

Dalam rentang 3 jam saja, kita bisa salah yakin tentang ingatan kita sendiri. Karena itulah kita mudah dimanipulasi oleh ingatan kita sendiri.

3. Menguap menunjukkan empati

Menguap saat melihat orang lain dikaitkan teori penularan bahwa dirimu mudah empati dan peka terhadap perasaan orang lain. Oleh karena itu, balita cenderung tidak memiliki gejala karena mereka belum belajar kasih sayang.

5. Air mata menjadi alasan orang menangis

Jika tetesan air mata pertama datang dari mata kanan, orang tersebut sedang menangis karena kebahagiaan. Jika tidak, orang tersebut menangis karena kesakitan.

6. Cara berpakaian berhubungan dengan suasana hati

Bukan hanya dalam warna yang kamu pilih untuk dipakai. Berpakaian bagus juga bisa membantumu tetap stabil dan bahagia.

7. Aturan yang ketat membuat kita cenderung melanggarnya

Psikolog menemukan bagaimana fenomena 'reaktansi' ini memengaruhi persepsi orang tentang aturan. Sehingga, kita cenderung akan melanggar lebih banyak aturan yang meembatasi kebebasan kita.

Nah, itulah beberapa fakta unik tentang psikologi. Apakah kamu pernah merasakannya sendiri?

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading