Sukses

Lifestyle

11 Hal Kecil Berefek Besar Buat Tampilan Lebih Muda Menurut Penelitian

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tak ingin terlihat lebih muda dari usia sebenarnya? Bukannya bermaksud menolak tua, tapi kita bisa menjalani penuaan dengan tetap terlihat awet muda.

Berikut hal kecil yang berdampak besar membuat tampilan lebih muda menurut penelitian, melansir dari rd.com;

1. Jaga decolletage

Decolletage adalah area kulit yang berada di antara leher dan dada. Daerah ini bisa juga menjadi tanda usia. Radiasi UV dan matahari dapat merusak area yang terbuka dan menyebabkan kerutan serta kulit kendur.

"Selain menggunakan tabir surya, serum yang mengandung bahan-bahan seperti retinol, vitamin A dan C, asam ferulic dapat membantu mencerahkan noda," kata Dermatologist Purvisha Patel, MD.

 

2. Kontrol ke dokter gigi

Memeriksa gigi secara teratur untuk membersihkan mulut dan gigi sangat penting. Setidaknya luangkan waktu dua kali dalam setahun.

"Pembersihan plak dan kalkulus dari gigi akan membuat mulut seseorang terlihat lebih muda. Selain itu, sikatlah dengan benar, memakai benang gigi setiap malam, dan bilas dengan fluoride," ujar Dr. Rosen.

 

3. Volunteer

Membantu orang membutuhkan menciptakan perasaan positif dan meremajakan yang tercermin secara lahiriah. Hal itu bisa kita dapatkan saat menjadi volunteer atau sukarelawan. 

"Penelitian menunjukkan pelayanan masyarakat dan kasih sayang tak hanya meringankan orang lain, tapi bisa melindungi kita dari kehidupan penuh tekanan dan damoaknya," ujar Emma Seppala, PhD, direktur sains dari Pusat Penelitian dan Pendidikan Cinta Kasih dan Altruisme Universitas Stanford.

 

4. Hindari makanan yang menodai gigi

Untuk menjaga gigi tetap putih adalah menghindari makanan atau minuman yang meninggalkan bekas. Seperti soda hitam, anggur merah, kopi, teh, kecap, cuka, balsamic, dan saus merah. 

"Semakin sedikit seseorang mengonsumsi produk ini, semakin sedikit noda yang akan terbentuk pada gigi. Dan jangan lupa pastikan membilas mulut dengan air setelah mengonsumsi atau minum dengan sedotan," ujar Drg Nancy Rosen, DMD.

 

5. Sembunyikan rambut yang menipis

Perempuan dan menopouse memunculkan penipisan rambut. Tipsnya adalah memiliki rambut lebih sedikit namun terlihat penuh, ketimbang panjang namun terlihat tipis.

Kita bisa memakai produk penambah volume rambut untuk memberi efek penuh. Atau memiliki warna rambut yang lebih cocok dengan warna kulit yang bisa menyembunyikan penipisan dengan lebih baik.

 

6. Ramuan rumahan untuk peremajaan kulit

Trik lama seperti menaruh irisan mentimun pada mata, atau hal keren lainnya seperti kantong teh dingin untuk mengurangi kantung mata. Ada juga beberapa pengobatan rumahan yang bisa dicoba.

"Membersihkan kulit dengan jus lemon dapat meringankan bintik-bintik matahari. Kunyit juga membantu mengurangi pelepasan radikal bebas," ujar Dr. Patel.

 

7. Rambut tergerai

Meski kuncir kuda yang ketat dapat membuat wajah sedikit terangkat, tak ada yang mengalahkan efek rambut bebas tergerai untuk memberikan tampilan lebih muda. Pastikan rambut yang tergerai tak terlalu terlihat berantakan.

"Jika rambut secara teratur selalu ditata, ada perasaan terlalu berusaha keras untuk terlihat lebih muda. Beda dengan sesuatu yang natural dan lebih santai seperti menggerai rambut," ujar hairstylist Jenna Mast.

 

8. Rambut putih? Siapa takut

Meski mewarna rambut mungkin membuat kita merasa lebih muda, jangan pernah merasa terikat pada hal tersebut. Sebab bagi banyak orang menjalani perawatan rambut berwarna bukan hal mudah dari sisi materi dan waktu. 

"Tidak apa-apa untuk menumbuhkan dan memelihara rambut putih kita secara alami dengan kilap di atasnya, bisa jadi membuat kita lebih muda dan segar," ujar Mast.

 

9. Atau pilih warna rambut alami

Jika rambut abu-abu alias uban dapat mudah ditutupi dengan pengecatan sendiri, cobalah untuk mewarnainya dengan warna sesuai agar terlihat lebih muda. Tambahkan highlight berawarna netral lebih terang dua tingkat dari warna rambut kita.

"Hindari highlight tebal dan tidak alami, mintalah babylight yang lebih lembut dan akan memberikan penampilan yang jauh lebih muda," ujar Mast.

 

10. Memutihkan gigi

Gigi yang lebih putih dapat memberikan senyuman lebih cerah dan penampilan terlihat segar dan muda. "Gigi kuning atau berubah warna membuat orang terlihat lebih tua dan kurang menarik," ujar dokter gigi Nancy Rosen, DMD.

 

 

11. Hati-hati dengan poni

Kita mungkin berpikir poni dapat menyembunyikan kerutan di dahi, tapi hal itu tidak berarti poni harus lurus menutupi wajah.

"Saya terlalu sering melihat perempuan dengan poni kotak yang mengerikan dan tidak menarik karena berpikir poni akan membuat mereka terlihat lebih muda. Padahal sebaliknya, semakin tua," ujar Mast.

Sebab itu, pilihlah poni yang cocok untuk kita yang menonjolkan fitur wajah dan mengalihkan perhatian dari area masalah seperti dahi.

#Elevate Women 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading