Sukses

Lifestyle

Hari Santri 2021, Jokowi Harapkan Lulusan yang Inovatif dari Pesantren hingga Madrasah

Fimela.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menginginkan lebih banyak wirausahan yang datang dari kalangan santri dan lulusan pondok pesantren. Hal ini disampaikan Jokowi dalam rangka memperingati hari Santri 2021.

Ia menaruh harapan agar pengusaha dari kalangan santri dapat menggerakan sistem perekonomian yang inklusif.

"Karena itu kita harus mendorong munculnya lebih banyak entrepreneur, wirausahawan dari kalangan santri dan lulusan pondok pesantren," kata Jokowi dalam acara Peringatan Hari Santri Nasional 2021 dan Peluncuran Logo Baru Masyarakat Ekonomi Syariah di Istana Negara Jakarta, Kamis (22/10/2021).

Menurut Jokowi, orientasi pada santri saat ini seharusnya tidak lagi untuk mencari pekerjaan. Melainkan para santri sudah harus mulai menciptaka kesempatan kerja bagi masyarakat.

 

Program yang dicanangkan pemerintah

"Peran pendidikan di pesantren, madrasah maupun pendidikan tinggi agama Islam sangat strategis. Mencetak lulusan yang inovatif dan berkewirausahaan, mencetak lulusan yang mampu bersaing di pasar kerja, dan menjadi wirausahawan sosial yang sukses," jelas Jokowi mengutip dari Liputan6.com.

Jokowi sndiri menyadari bahwa dukungan akses pembiayaan menjadi sangat penting untuk mendorong tumbuhnya wiraswasta baru. Untuk itu, pemerintah telah menyiapkan berbagai skema bantuan, seperti program Mekar, Kredit Usaha Rakyat, dan Bank Wakaf Mikro.

"Saya berharap pesantren dan para santri dapat memanfaatkan berbagai program pembiayaan ini dengan baik. Sehingga pesantren dan para santri dapat semakin berperan dalam memperkuat ekonomi umat," ujar dia.

 

Bank Syariah Indonesia diklaim lebih baik

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan akan kinerja yang baik dari sektor ekonomi syariah. Ia menyebut pertumbuhan Bank Syariah Indonesia diklaim lebih baik dari bank konvensional dalam Himpunan Bank Negara.

“Sehingga bisa memajukan keseimbangan ekonomi yang selalu digaungkan, kita bisa lihat sekarang dengan adanya fokus dengan kembangan ekonomi syariah, salah satunya pertumbuhan bank syariah di bawah BSI, itu lebih tinggi dibanding bank Himbara, ini kesempatan luar biasa,” katanya dalam Peringatan HSN 2021 dan Peluncuran Logo Baru MES, Jumat (22/10/2021).

Sebagai langkah yang juga mendukung hal tersebut, ia menuturkan telah menginisiasi Islamic Finance Summit 2021 bersama dengan Menteri Agama. Gelaran ini, kara Erick akan mengangkat tema Driving The Growth of The Halal Industry in The New Normal Economy.

Simak video berikut ini

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading